Sejarah 6 Agustus: Bom Atom Hiroshima Tewaskan Ratusan Ribu Jiwa

- 6 Agustus 2020, 06:55 WIB
Bom atom yang menghancurkan Kota Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 1945. (ist)
Bom atom yang menghancurkan Kota Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 1945. (ist) /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 6 Agustus, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 6 Agustus, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

1945
Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada bulan Agustus 1945, tahap akhir Perang Dunia Kedua.

AS menjatuhkan dua bom dengan persetujuan dari Britania Raya sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Quebec. Tanggal 6 Agustus, bom atom uranium jenis bedil (Little Boy) dijatuhkan di Hiroshima.

Baca Juga: China Berang Gara-gara AS dan Taiwan Bakal Bertemu Membahas Covid-19

Tiga hari kemudian, pada tanggal 9 Agustus, AS menjatuhkan bom plutonium jenis implosi (Fat Man) di Nagasaki. Dalam kurun dua sampai empat bulan pertama setelah pengeboman terjadi, dampaknya menewaskan 90.000–146.000 orang di Hiroshima dan 39.000–80.000 di Nagasaki.

Kurang lebih separuh korban di setiap kota tewas pada hari pertama. Pada bulan-bulan seterusnya, banyak orang yang tewas karena efek luka bakar, penyakit radiasi, dan cedera lain disertai sakit dan kekurangan gizi.

Di dua kota tersebut, sebagian besar korban tewas merupakan warga sipil meskipun terdapat garnisun militer besar di Hiroshima.

Baca Juga: Gawat, Jenis Virus Corona Baru Sebabkan Ratusan Unta di Kenya Mati Usai Batuk-batuk

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x