Mengenal Blok Ketupat Penghasil Kulit Ketupat dari Bandung

- 11 April 2024, 09:20 WIB
Ibu-ibu sedang membuat ketupat/
Ibu-ibu sedang membuat ketupat/ /bandung.go.id/

GALAMEDIANEWS – Makanan khas ketika Lebaran adalah ketupat. Hampir di setiap rumah menyediakannya pada saat Lebaran tiba.

Tidak heran jika ketupat menjadi salah satu makanan favorit pada Hari Raya Idul Fitri. Mendekati hari raya, penjualan kulit ketupat ini pastilah meningkat.

Di Kota Bandung terdapat suatu daerah yang merupakan basis dari pembuat kulit ketupat. Memiliki julukan sebagai Kampung Blok Ketupat Bandung.

Kawasan sentra pembuat kulit ketupat ini sudah turun temurun. Lokasinya terletak di RW 13 Jalan Caringin, Babakan Ciparay, Kota Bandung. Patokannya tidak jauh dari Pasar Induk Caringin.

Baca Juga: Ratusan Pengungsi di Cipongkor KBB Gelar Shalat Idulfitri, Petugas Siapkan Menu Spesial Ketupat dan Opor

Momen Lebaran seperti sekarang ini, menjadi ladang rejeki yang melimpah bagi warga Kampung Blok Kupat.

Kepiawaian para pengrajin kulit ketupat ini tidak perlu diragukan lagi. Kurang dari setengah jam, setiap pengrajin dapat membuat 200-300 kulit ketupat.

Tradisi membuat ketupat semakin lama semakin dikenal oleh banyak orang. Bahkan di tahun 2016, pernah diadakan festival ketupat di Blok Ketupat ini.

Tujuan dari festivalnya sendiri adalah sosialisasi dan promosi bagi masyarakat yang belum mengenal Blok Ketupat dan juga untuk mengenalkan tradisi tersebut kepada generasi yang muda.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah