Waspada! Daerah Ini Berpotensi Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es dalam Sepekan ke Depan

- 5 Desember 2020, 19:45 WIB
Ilustrasi angin puting beliung.
Ilustrasi angin puting beliung. /Pixabay/Comfreak

GALAMEDIA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi peningkatan curah hujan sepekan mendatang.

"Hasil analisis terkini BMKG menunjukkan bahwa terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan di atas wilayah Indonesia dalam sepekan kedepan," jelas Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 5 Desember 2020.

Baca Juga: Bom Meledak di McDonald's Mal Ratu Indah Makassar, Sejumlah Orang Tewas pada 5 Desember 2002

Peningkatan potensi pertumbuhan awan tersebut dapat disebabkan oleh kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil. Selain itu juga akibat aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia.

Serta adanya pusaran angin (sirkulasi siklonik) yang terpantau di beberapa tempat yang dapat mendorong terbentuknya daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Baca Juga: Massa Dukung Pembubaran Ormas Radikal, Desak Polisi Tindak Tegas Habib Rizieq

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi.

Dilansir Antara, beberapa wilayah yang terancam cuaca itu seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Baca Juga: Heboh Video Kongres GMKI, Ada Teriakan Papua Merdeka, Fadli Zon Minta Jokowi Merespon

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x