Pesawat Latih Jatuh ke Lahan Kosong, Dua Pilot Selamat

- 7 Desember 2020, 18:38 WIB
Atraksi Jupiter Aerobatik Team menggunakan pesawat KT 1 Wong Bee saat peringatan HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu 5 Desember 2020 lalu.
Atraksi Jupiter Aerobatik Team menggunakan pesawat KT 1 Wong Bee saat peringatan HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu 5 Desember 2020 lalu. /ANTARA/Bayu Prasetyo/pri

GALAMEDIA - Dua pilot pesawat latih KT-1B Wong Bee TNI AU yang jatuh di ujung barat landas pacu Pangkalan Udara TNI AU Adi Sucipto, Yogyakarta, Senin, 7 Desember 2020, selamat dari insiden tersebut.

Kedua penerbangnya, Mayor Penerbang Sekti Ambarwati sebagai instruktur dan Letnan Dua Administrasi Krisna Nugraha sebagai siswa penerbang. Kecelakaan udara tersebut dalam misi latihan rutin memakai KT-1B Wong Bee bernomor registrasi LL-0111 itu.

Pesawat terbang bermesin tunggal dengan baling-baling berbilah lima serta rancangan warna yang khas dan kontras ini dikenal sebagai pesawat terbang yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team.

Baca Juga: Rendy Munadi Dikukuhkan sebagai Guru Besar Kedua di Telkom University

Penerbangnya adalah para instruktur penerbang TNI AU dengan call sign Jupiter, yang selalu tampil mempesona dengan berbagai manuver aerobatiknya.

KT-1B Wong Bee merupakan pesawat terbang yang dipergunakan di Skuadron Udara Pendidikan 102 yang berpangkalan di Pangkalan Udara TNI AU Adi Sucipto. Secara struktural, skuadron udara ini ada di bawah Wing Pendidikan Penerbang TNI AU yang berkedudukan di pangkalan udara TNI AU itu.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Kolonel Penerbang Indan G Buldansyah, di Jakarta, Senin, 7 Desember 2020 menyatakan dalam keterangannya, kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu 09 Pangkalan Udara TNI AU Adi Sucipto.

Baca Juga: Terungkap! Jaksa Pinangki Sewa Apartemen 63 Ribu Dolar AS, Free Parking untuk 2 Mobil Mewah

Pilot dan siswa berhasil keluar alias eject dari pesawat terbang bermesin piston turboprop buatan Korea Selatan itu secara selamat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x