Bagi-bagi Uang Rp 58 Triliun, Aksi Mencengangkan Perempuan Terkaya Dunia Bikin Netizen Meleleh

- 17 Desember 2020, 09:46 WIB
Ilustrasi uang
Ilustrasi uang /Pixabay/EmAji/

GALAMEDIA - Nama MacKenzie Scott trending semalam. Ini karena perempuan yang tak terlalu suka bermake-up itu terungkap telah membagikan uang tak kurang dari $ 4,1 miliar atau sekitar Rp 58 triliun dalam empat bulan terakhir.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Kamis (17 Desember 2020) uang yang tak sedikit itu digelontorkan untuk amal pada ratusan organisasi. Jumlah donasi yang mencengangkan, membuat MacKenzie banjir pujian.

Netizen pun dibuat "kejer" (baca: kagum, meleleh dll.) dengan fakta bahwa dengan jumlah tadi, artinya dalam empat bulan terakhir tiap hari MacKenzie setidaknya beramal nyaris setengah miliar.

Baca Juga: Asmaul Husna: Ini Makna Nama-Nama Allah yan Maha Indah, Al Alim, Al Qoobidh, dan Al Baasith

Lalu, siapa MacKenzie Scott? Ternyata, ia tak lain sosok di balik sukses orang terkaya di dunia Jeff Bezos. MacKenzie ikut merintis megasukses Amazon.

Ya, filantropis dan penulis novel itu tepatnya mantan istri pendiri Amazon yang saat bercerai tahun lalu bertekad menyalurkan harta gono-gini pada berbagai amal. Aksi sosial MacKenzie diketahui dari postingannya di Medium kemarin.

Baca Juga: Waspada !!! Hari Ini, Kamis 17 Desember 2020, Jabodetabek Berpotensi Diguyur Hujan disertai Petir

MacKenzie yang tampaknya telah move on dari Bezzos yang memilih kekasih gelapnya Lauren Sanchez, menggambarkan pandemi bak 'bola penghancur kehidupan warga yang selama ini telah berjuang'.

Ia menyebut pandemi kian mengerikan bagi kalangan yang rentan terutama  wanita, komunitas kulit berwarna dan mereka yang hidup dalam kemiskinan.

Sementara di sisi lain pandemi diakuinya meningkatkan kekayaan miliarder. MacKenzie yang ikut membidani Amazon, termasuk dalam daftar miliarder.

Baca Juga: Siagakan 400 Personel Hadapi Libur Nataru, Satpol PP Kota Bandung Siap Hadang Penyebaran Covid-19

MacKenzie merupakan orang terkaya ke-18 di dunia setelah mengalami lonjakan kekayaan tahun ini sekitar $ 23,6 miliar atau Rp 33,4 triliun.

Laporan Bloomberg, kekayaannya berasal dari kepemilikan 4 persen saham Amazon atau 19,7 juta saham yang diterimanya sebagai bagian dari perceraian  dengan Bezos.

Awal pekan ini total kekayaan MacKenzie diperkirakan $ 60,7 miliar atau Rp 85,9 triliun sekaligus menjadikannya wanita terkaya di dunia.

Sedangkan sang mantan yang berstatus orang terkaya di dunia memiliki  kekayaan bersih $ 182,2 miliar atau Rp 579 triliun.

Baca Juga: Beri Nasehat untuk Indonesia, Ini Dia Sosok Habib Umar bin Hafidz Ulama Besar Yaman

Saat sebagian besar ekonomi mengalami penyusutan, Amazon mendapat untung besar selama pandemi setelah warga Amerika lebih mengandalkan ritel online.

Setelah mendonasikan $ 1,68 miliar atau Rp 23,7 triliun pada 116 organisasi nirlaba, universitas, dan kelompok pengembangan masyarakat pada bulan Juli lalu, MacKenzie meminta tim penasihat untuk membantunya 'mempercepat' penyaluran donasi tahun 2020 dengan memantau siapa saja yang membutuhkan bantuan di masa pandemi.

Dia mengatakan tim menggunakan pendekatan berbasis data guna mengidentifikasi organisasi khususnya komunitas dengan kerawanan pangan yang tinggi.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x