Jabar Gelar Rapid Test Antigen Masif Bagi Wisatawan

- 22 Desember 2020, 21:48 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum /Humas Jabar

GALAMEDIA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan menggelar pengetesan secara masif dengan rapid test antigen bagi wisatawan dengan tujuan untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Jelang libur Natal dan Tahun Baru, kami akan melakukan operasi di pintu masuk Jawa Barat, dan kami akan menyiapkan rapid test antigen. Kalau ada yang positif, kami akan kembalikan ke daerah asal,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum usai memimpin Rapat Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Mapolda Jabar, Selasa 22 Desember 2020.

Pemerintah Provinsi Jabar akan menyiapkan 65.000 rapid test antigen. Rinciannya, 40.000 rapid test antigen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 25.000 buah dari pengadaan Belanja Tak Terduga (BTT).

Baca Juga: Jadi Menteri Pariwisata di Tengah Pandemi, Sandiaga Uno : Tugas dan Amanah yang Berat

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar melarang perayaan Tahun Baru 2021 yang dapat menyebabkan kerumunan. Larangan tersebut berlaku untuk perayaan di dalam maupun luar ruangan.

Kang Uu pun melaporkan, tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Jabar mengalami peningkatan menjadi 82,46 persen. Sedangkan tingkat kematian terus menurun menjadi 1,47 persen.

"Kasus penyebaran masih tinggi. Namun, setelah pekan lalu ada delapan daerah berstatus zona merah atau risiko tinggi, pekan ini menurun menjadi dua daerah," ucapnya.

Baca Juga: Tuding Polisi Bantai 6 Pengawal Habib Rizieq, Sekum FPI Munarman Dilaporkan Barisan Satria Nusantara

Adapun dua daerah berstatus zona merah yakni Kabupaten Karawang dan Kota Depok. Selain itu, lima daerah berstatus zona kuning atau risiko rendah, yaitu Kabupaten Pangandaran, Cianjur, Tasikmalaya, Indramayu, dan Subang. Sedangkan, 20 daerah lainnya masuk Zona Oranye atau risiko sedang.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x