Bagi Penyayang Kucing, Waspadai Penyakit Ini di Musim Penghujan

- 3 Januari 2021, 16:54 WIB
Warga berboindong-bondong vaksin hewan peliharaannya.
Warga berboindong-bondong vaksin hewan peliharaannya. /Laksmi Sri Sundari/

GALAMEDIA - Bagi penyayang binatang terutama kucing diimbau untuk berhati-hati dan waspada, pasalnya di musim hujan seperti saat ini penyakit panleukopenia sedang mengintai.

Penyakit akibat virus tersebut bahkan bisa mengancam nyawa kucing.

Kepala Seksi (Kasi) Peternakan pada Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, Retno Wulan mengimbau untuk berhati-hati bagi penyayang binatang terutama kucing, dikarenakan perubahan musim, di mana virus dan bakteri berkembang cukup cepat.

Baca Juga: Bikin Kejutan, Tesla Luncurkan Model Terbarunya di Cina dengan Harga Rp700 Juta

Sebagai pecinta kucing kewaspadaan harus ditingkatkan karena ada satu virus mematikan yang bisa membunuh kucing dalam hitungan hari, yakni panleukopenia.

"Panleukopenia adalah infeksi virus yang menyerang kucing, baik kucing liar maupun peliharaan. Gejala panleukopenia diantaranya muntah, diare berdarah, dan nafsu makannya turun.

Panleukopenia ini cukup mematikan dallam beberapa hari saja, proses suka cepet. Karena di musim seperti ini imunnya suka turun, kaya kita lah imunnya lagi turun. Desember 2020 lagi banyak (kasusnya)," ungkap Retno.

Baca Juga: Selama Tahun 2020, Petugas Damkar Cimahi Tangani 78 Kasus Kebakaran

Sebagian besar kucing yang terinfeksi mati, karena dehidrasi yang disebabkan oleh diare atau infeksi sekunder yang dipicu oleh kelemahan sistem kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x