Hari Ini, 1.512 Tenaga Kesehatan Se-Jabar akan Divaksin Covid-19, Vaksinasi Massal Berlangsung di 20 RS

- 30 Januari 2021, 09:34 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /Pixabay.com/torstensimon

GALAMEDIA - Hari ini, Sabtu 30 Januari 2020 akan dilaksanakan vaksinasi massal untuk tenaga kesehatan di Jawa Barat. Kegiatan dipusatkan di Poltekkes dan diikuti oleh 20 rumah sakit se-Jawa Barat.

Jumlah nakes yang akan mengikuti vaksinasi pada hari ini sebanyak 1.512 orang.

Seperi diketahui, berdasarkan data dari Ombudsman Perwakilan Jabar, dalam pelaksanaan vaksinasi tahap I termin I, capaian target vaksinasi hanya 25% disebabkan adanya calon penerima vaksin yang gagal di vaksin karena tidak lolos skrining yang menyebabkab tidak boleh di vaksin atau ditunda pelaksanaannya serta penerima vaksin tidak hadir.

Baca Juga: Nafsu Makan Meningkat Setelah Divaksin Corona? Ini Penjelasannya, Ketahui Efek Samping Vaksin Covid-19

Permasalahan lainnya yang dirasakan oleh pemerintah daerah terkait Kejadian Ikutan Paca Imunisasi (KIPI) / Vaccine Safety. Terkait ini belum adanya aturan yang menjelaskan tentang pembiayaan KIPI, apakah dibebankan pada pemerintah daerah ataukah oleh pemerintah pusat, sehingga hal tersebut membuat gamang pemerintah daerah.

Namun demikian, menurut Ketua Ombudsman, Dan Satriana, pihaknya mengapresiasi langkah-langkah pemerintah daerah dalam hal menanggulangi serta mengatasi hambatan dan permasalahan yang ditemui.

Baca Juga: Beruntunglah Orang yang Menjadikan Akalnya sebagai Pemimpin dan Hawa Nafsunya Jadi Tahanan

Antara lain koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait, baik Kemenkes RI dan BPJS terkait Data dan Aplikasi, pembuatan aturan dan SOP penyelengaraan di daerah.

"Kemudian, penyedian sarana-prasarana, pelatihan SDM serta penyediaan anggaran baik untuk tahapan perencanaan, pelaksanaan, monitoring evaluasi serta manajemen KIPI," jelas Dan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x