Innalilahi, Gara-gara Nasi Tutug Oncom Ibu dan Anak Tewas di Cianjur, Diduga Alami Keracunan dari Oncom

- 5 Februari 2021, 07:23 WIB
Ilustrasi meninggal dunia.
Ilustrasi meninggal dunia. /Pixabay

GALAMEDIA – Nasi tutug oncom adalah salah satu jenis makanan yang berupa nasi dicampur dengan oncom goreng atau bakar. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas daerah Priangan khususnya Tasik Malaya. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai.

Namun siapa sangka, makanan sederhana ini justru membawa petaka. Satu keluarga di Cianjur yang terdiri dari ibu dan seorang anaknya meninggal dunia usai melahap nasi tutug oncom buatan sendiri.

AKP Anton selaku Kasatreskrim Polres Cianjur mengaku telah melakukan pengambilan sampel pada makanan yang menewaskan ibu dan anak berusia 45 dan 20 tahun ini. Sebelumnya, ibu dan anak ini sempat dilakukan perawatan di RSUD namun nyawanya tidak tertolong.

Baca Juga: Sholat Jumat Hukumnya Wajib, Bagaimana dalam Situasi Pandemi? Ini 7 Hadits Tentang Meninggalkan Sholat Jumat

“Sampel tersebut akan diserahkan ke Dinkes Cianjur, untuk selanjutnya diuji di laboratorium guna mengetahui penyebab tewasnya kedua orang korban setelah mengkonsumsi oncom atau bukan," ungkap Anton seperti dikutip dari Antara pada Kamis, 4 Februari 2021.

Ia mengatakan bahwa dugaan sementara penyebab tewasnya ibu dan anak tersebut adalah oncom yang menimbulkan keracunan. Namun belum diketahui apakah ada unsur kelalaian saat pengolahan atau memang mengandung bahan berbahaya.

Oncom yang diolah menjadi nasi tutug oncom tersebut baru diolah setelah dua hari disimpan.

Baca Juga: Tottenham vs Chelsea: Menang Tipis pada Derby London, The Blues Naik ke Peringkat ke-6

Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Cianjur Asep Helmi, mengatakan sampel tersebut akan diuji di Labkesda Jawa Barat, dimana proses pengujian membutuhkan waktu satu minggu hingga hasilnya ke luar dan dipastikan bakteri atau bahan berbahaya apa yang terkandung di dalamnya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x