SM Entertaiment Harus Bayar 20 Miliar Won Setelah Investigasi Pajak

- 5 Februari 2021, 20:09 WIB
SM Entertainment
SM Entertainment /Koreaboo

 GALAMEDIA – Pada 4 Febuari 2021, Kantor Wilayah Layanan Pajak Nasional Seoul di Korea Selatan mengupkan bahwa SM Entertaiment dan pendirinya, Lee Soo Man, saat ini sedang dalam penyelidikan pajak.

Sekarang perusahaan itu diperintahkan untuk membayar 20 Won miliar KRW kepada pemerintah. Menurut National Tax Service, pemeriksaan pajak tidak teratur dilakukan karena kecurigaan bahwa Lee So Man dan SM Entertaiment melalukan penggelapan pajak.

Meskipun SM Entertaiment menyatakan bahwa mereka telah mematuhi audit pajak dengan rajin, pihak berwenang mengungkapkan bahwa transaksi dan dokumen tertentu tampak tidak biasa dan aneh.

Baca Juga: Anies Baswedan Pastikan Jakarta Tak Lockdown Akhir Pekan: Virus Menyebar Tanpa Mengenal Waktu

Laporan menuduh dan mengarah telah terjadi kebocoran dana perusahaan yang ditransaksikan antara mantan CEO dan agensi tersebut. Informasi keuangan nya pun telah dihilangkan selama transaksi korporasi ke korporasi.

Sebagian dari penyelidikan, Biro Investigasi Layanan Pajak Nasional memeriksa saham Lee Soo Man dan keponakannya, Lee Sung Soo (co-CEO SM Entertainment saat ini). Setelah mengundurkan diri sebagai CEO, pendiri Lee Soo Man saat ini adalah pemegang saham terbesar SM Entertainment, dengan 18,73% saham di perusahaan.

Sekarang, sebuah laporan yang diterbitkan oleh Layanan Pengawas Keuangan menyatakan bahwa SM Entertainment hanya memiliki waktu satu bulan untuk membayar kantor pajak office 20.216.665.498 KRW (sekitar $ 18,0 juta USD). Pembayaran, yang berjumlah 3,19% dari kekayaan bersih perusahaan, jatuh tempo pada tanggal 31 Maret 2021.

Baca Juga: Awas! Jangan Sebar Hoaks Lockdown Jakarta Kalau Tak Mau Didenda Rp 1 M dan Kena Sanksi Pidana

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada 5 Februari, perwakilan SM Entertainment mengungkapkan bahwa sementara mereka akan membayar biaya ₩ 20,2 miliar KRW (sekitar $ 18,0 juta USD) sebelum tenggat waktu, mereka juga berniat untuk "mengikuti proses banding". Meskipun diduga menghindari pajak, SM Entertainment diketahui telah merugi bersih 15,6 miliar antara Juli dan September 2020 lalu.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x