Jelang Barcelona vs PSG, Inilah 10 Pemain yang Pernah Membela Barca dan Les Parisiens

- 16 Februari 2021, 05:53 WIB
Ronaldinho semasa masih bermain di Barcelona FC.
Ronaldinho semasa masih bermain di Barcelona FC. /Instagram.com/@ronaldinho

GALAMEDIA - Raksasa Spanyol, Barcelona akan kedatangan tamunya Paris Saint Germain (PSG) pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions.

Duel sarat gengsi itu akan di gelar di Stadion Camp Nou, Rabu, 17 Februari 2021 pukul 03.00 WIB.

Di lapangan hijau Barcelona dan PSG boleh saja duel adu gengsi, tapi dalam hal transfer pemain tidak ada yang namanya gengsi di kedua belah pihak.

Beberapa pemain Barcelona tercatat pernah memakai seragam Les Parisiens, begitupun sebaliknya, beberapa pemain PSG juga pernah memakai seragam Blaugrana.

Guna menyambut duel bergengsi itu, berikut Galamedia sajikan 10 pemain yang pernah membela kedua klub tersebut, yang dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: PPnBM 0 Persen Mulai Maret, Ini Harga Mobil Mulai Dari Avanza, Xenia, Ertiga, XL 7, Br-V Hingga Livina

1. Ronaldinho

Pada tahun 2001, Ronaldinho memulai karir sepakbolanya di Eropa bersama PSG, setelah ditransfer dari klub asal Brasil, Gremio.

Dinho, sapaan akrabnya bermain selama dua musim untuk Les Parisiens dan mempersembahkan gelar Piala Intertoto UEFA di musim pertamanya membela PSG.

Permainannya membuat kagum setiap orang yang melihatnya, termasuk para pelatih sepakbola kala itu.

Apalagi setelah ia berhasil mengantarkan Brazil menjadi juara Piala Dunia tahun 2002, banyak tawaran dari klub-klub besar Eropa lainnya.

Dua di antaranya adalah Manchester United dan Barcelona yang ingin mendapatkan jasa pemain asal Brazil itu.

Namun kemudian Dinho memilih bergabung ke Blaugrana pada jendela transfer musim panas 2003.

Di Barca inilah ia menjadi bintang besar, berbagai gelar individu berhasil didapatkannya seperti FIFA Award 2004 dan Ballon d'Or 2005,

Selama bermain untuk tim asal Catalan itu juga, ia berhasil mengantarkan Barcelona menjuarai 2 Liga Spanyol, 1 Piala Super Spanyol, dan 1 Liga Champions.

Baca Juga: Tiga Gempa Bumi Guncang Wilayah Indonesia Hari Ini, dari Padang Sidempuan Hingga Aceh Selatan

2. Neymar

Musim 2013-2014, Neymar memulai petualangan pertamanya untuk bermain di Eropa bersama Barcelona, setelah ditransfer dari klub asal Brazil, Santos.

Selama bermain empat musim untuk Barca, Neymar menjadi trio paling menakutkan yang pernah ada bersama Messi dan Suarez.

Neymar berhasil mempersembahkan 2 gelar La Liga, 2 gelar Copa del Rey, 1 gelar Liga Champions, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub 2015.

Kemudian ia memilih hijrah ke PSG pada musim panas 2017 dan bertahan hingga saat ini. Ia berhasil mengantarkan PSG menjadi juara Liga Prancis tiga musim berturut-turut.
 
3. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan dikontrak Barcelona dari Inter Milan pada jendela transfer musim panas 2009, melalui proses pertukaran pemain dengan Samuel Eto'o.

Sayang ia hanya bertahan satu musim saja karena terlibat konflik dengan Pep Guardiola, pelatih Barca saat itu.

Baca Juga: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Sengketa Pilkada Pangandaran, Jeje: Kekosongan Pimpinan Tak Terjadi

Kemudian ia hijrah ke AC Milan pada musim panas 2010 dan bertahan dua musim di Milan.

Selepas di Milan, Zlatan bermain untuk PSG selama empat musim. Selama itu pula ia berhasil mempersembahkan berbagai gelar domestik untuk PSG termasuk gelar Liga Prancis 3 musim berturut-turut.

4. Dani Alves

Dani Alves bermain untuk Barcelona mulai musim 2008-2009 hingga musim 2015-2016. Kesuksesan Dani Alves bisa dikatakan saat bermain untuk tim Catalan itu.

Selama di Barca, ia mendapatkan gelar 6 La Liga 4 Copa del Rey, 4 Piala Super Spnayol, 3 Liga CHampions, 3 Piala Super Eropa, dan 3 Piala Dunia Antarklub.

Kemudian musim 2016-2017 ia memutuskan hijrah ke Juventus. Selang semusim berikutnya bek asal Brazil itu pindah ke PSG.

Di PSG ia mendapatkan 2 gelar Liga Prancis, 1 Piala Prancis, dan 2 Piala Super Prancis.

Baca Juga: Wagub Uu Ruzhanul Ulum Siap Dukung PBA Unpad Perluas Garapan ke Agribisnis

5. Ludovic Giuly

Barcelona membelinya dari AS Monaco pada musim panas 2004. Giuly berhasil mempersembahkan 2 gelar La Liga dan 1 gelar Liga Champions untuk tim asal Catalan itu.

Pada musim 2007-2008 ia hijrah ke AS Roma. Setahun kemudian ia membela PSG hingga tahun 2011, sayangnya saat itu PSG belum seperti era sekarang, dan Giuly hanya mampu memberi 1 gelar Piala Prancis kepada Les Pariens.

6. Thiago Motta

Pemain kelahiran Brazil ini pada awalnya dikontrak Barca untuk bermain di Barcelona B pada musim 1999-2000.

Dua musim bermain untuk tim muda barca, kemudian ia naik kelas pada musim berikutnya.

Sayang dalam kurun waktu 2001-2007 karir seniornya bersama Barca ia sering kali diterpa cedera, dan hanya bermain selama 98 pertandingan saja.

Walau begitu, ia juga merupakan salah satu yang mengantarkan Barca menjadi juara Liga Champions musim 2005-2006.

Baca Juga: Beratnya Tanggungan Dosa Bagi Pelaku Korupsi di Hadapan Allah

Sebelum bergabung dengan PSG pada jendela transfer musim dingin 2012, Motta ditransfer Barca terlebih dulu ke Atletico Madrid.

Lalu ia melanjutkan perjalanannya di klub Serie A seperti Genoa dan Inter Milan.

Selama berkarir kurang lebih 6,5 tahun di PSG, Motta turut mempersembahkan berbagai gelar domestik untuk raksasa Prancis itu, hingga akhirnya ia memutuskan pensiun pada akhir musim 2017-2018.

7. Maxwell

Bek kiri asal Brasil itu bergabung dengan Barca dari Inter Milan pada jendela transfer musim panas 2009. Ia bertahan hingga Januari 2012, dan ia ikut mempersembahkan gelar Liga Champions musim 2010-2011.

Setelah itu Maxwell hijrah ke PSG pada jendela transfer musim dingin 2012.

Ia bertahan kurang lebih 5,5 tahun di Paris, kemudian memutuskan pensiun pada 1 Juli 2017.

Selama berkarir di PSG Maxwell juga mempersembahkan berbagai trofi domestik untuk Les Pariens.

Baca Juga: Tak Berikan Rasa Keadilan, Presiden Jokowi Buka Peluang Revisi UU ITE

8. Mauro Icardi

Penyerang asal Argentina itu adalah produk asli La Masia, karir junior Icardi tercatat pernah bermain untuk Barcelona U-17 dan U-19.

Sebelum akhirnya ia pindah ke Sampdoria untuk menjalani karir senior pertamanya pada musim 2012-2013.

Setahun berselang ia hijrah ke Inter Milan dan menjadi andalan lini depan Nerazzurri selama kurang lebih 5 tahun serta dipercayakannya ban kapten kepada dirinya.

Konflik yang melanda Icardi dengan Inter Milan pada pertengahan musim 2018-2019 membuat ia harus rela dicopot dari jabatan kapten Nerazzurri, ditambah kedatangan Romelu Lukaku pada jendela transfer musim panas 2019 membuat dirinya kehilangan no punggung 9.

Hingga akhirnya Icardi dipinjamkan oleh Inter Milan ke PSG pada detik-detik akhir jendela transfer musim panas 2019 dan dipermanenkan hingga saat ini.

Baca Juga: Alhamdulillah, Keterisian Tempat Tidur Ruang Isolasi Covid-19 di Jawa Barat Alami Penurunan

9. Rafinha

Adik Kandung Thiago Alcantara ini merupakan produk asli La Masia, kemudian ia menjalani debut pertamanya dengan Barcelona pada 9 November 2011 ajang di Copa del Rey.

Rafinha membela Barcelona selama kurang lebih 9 tahun. Namun lebih sering dipinjamkan ke klub lain, diantaranya Celta Vigo, dan Inter Milan.

Kemudian pada jendela transfer musim panas 2020, ia dilego ke PSG dan menjadi andalan klub asal kota Paris tersebut hingga saat ini.

10. Lucas Digne

Bakatnya mulai muncul saat bermain untuk Lille pada musim 2012-2013. Lalu Digne dikontrak PSG pada musim berikutnya dan menjadi andalan yang menempati posisi bek kiri.

Semakin bersinar bersama PSG membuat Barca kepincut. Akhirnya pada jendela transfer musim panas 2016, Digne dibeli oleh Barca.

Namun sayang, ia kalah saing dengan Jordi Alba hingga akhirnya dijual ke Everton pada jendela transfer musim panas 2018.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x