Waspada! Bibit Siklon Tropis di Samudra Hindia Selatan Jawa-Nusa Tenggara akan Berdampak Banjir

- 24 Februari 2021, 07:43 WIB
Bibit Siklon Tropis di Samudra Hindia Samudra Hindia Selatan Jawa-Nusa Tenggara
Bibit Siklon Tropis di Samudra Hindia Samudra Hindia Selatan Jawa-Nusa Tenggara /bmkg.go.id

GALAMEDIA – Badan Meteorologi dan Klimatoloi (BMKG) menjelaskan potensi siklon tropis di Samudra Hindia Selatan Jawa-Nusa Tenggara.

Dikutip Galamedia melalui Press Release di laman BMKG pada 24 Februari 2021, dampak yang akan terjadi jika bibit siklon tropis menjadi Siklon Tropis akan dirasakan di beberapa wilayah Indonesia.

Bibit siklon tersebut diprediksikan masih bertahan dan menunjukkan pergerakan ke arah barat mendekati wilayah laut di selatan Jawa Timur dengan potensi intensitas yang menguat hingga 2 hari mendatang.

Baca Juga: Tidak Ditahan, Kasus Laporan Novel Baswedan Soal UU ITE akan Diselesaikan dengan Mediasi

Namun BMKG terus memonitor agar kecil kemungkinan akan terbentuk Siklon Tropis. Cuaca ekstrem di beberapa wilayah Sumatra Selatan – Jawa – Nusa Tenggara merupakan pembentukan pola konvergensi dan belokan angin yang terjadi.

Dampaknya berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, selain itu dapat menimbulkan potensi angin kencang di wilayah perairan dan potensi gelombang tinggi di wilayah laut bagian selatan Jawa hingga Nusa Tenggara.

Di wilayah Jawa cuaca ekstrem akan terjadi mulai 23 Februari 2021, sedangkan Jabodetabek dimulai pada tanggal 24-27 Februari 2021.

Hujan yang turun di wilayah Jabodetabek perlu diwaspadai terutama saat malam hingga dini hari.

Untuk satu pekan kedepan (23-28 Februari 2021), BMKG memprakirakan potensi Cuaca Ekstrem dan curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut ini:

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x