GRATIS Cukup Daftar via Twitter @yousuckMZ, Miliarder Jepang Ajak Delapan Warga Dunia Keliling Bulan

- 5 Maret 2021, 13:05 WIB
Maezawa.
Maezawa. /

GALAMEDIA - Lebih dari 300.000 orang telah mendaftar demi mendapatkan kesempatan menjadi salah satu dari delapan orang yang akan menemani miliarder Jepang pelesir enam hari mengelilingi bulan.

Miliarder nyentrik Negeri Sakura, Yusaku Maezawa mengundang siapa pun dari seluruh dunia untuk melamar dan mendapat kursi penumpang yang akan menemaninya menembus atmosfer Bumi bersama SpaceX's Starship awal 2023 nanti.

Baca Juga: Mengapa Payudara Wanita Ada yang Besar Sebelah, Ini Penjelasannya!

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Jumat 5 Maret 2021, di antara ratusan ribu pelamar tersebut terdapat astronot pemula. Sisanya  berasal dari berbagai negara termasuk ribuan antusias luar angkasa dari Inggris yang ikut mendominasi Top 5 negara asal pelamar.

Selain Inggris, India memiliki jumlah pelamar  tertinggi diikuti oleh AS, Jepang, dan Prancis. Demikian keterangan Maezawa melalui akun Twitter miliknya @yousuckMZ.

SpaceX sedang menguji prototipe peluncuran Starship yang dapat digunakan kembali setelah gagal pada uji coba 3 Maret lalu.

Baca Juga: Beredar Kaos Partai Demokrat Bergambar Moeldoko, Wasekjen: Keterlibatan Moeldoko dalam Kudeta Semakin Jelas

Perusahaan luar angkasa milik Elon Musk tersebut menyebut setiap tes memberikan informasi penting dan berharga.

Sementara itu, aplikasi untuk mendapatkan kursi pada proyek DearMoon akan  tetap terbuka hingga 14 Maret. Maezawa memastikan dirinya telah membeli semua seat.

"Aku ingin orang-orang dari berbagai latar belakang bergabung," kata pria berusia 45 tahun itu.

Penyaringan aplikasi akan selesai pada 21 Maret, setelah itu pelamar akan diberikan tugas khusus dan wawancara.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 5 Maret 2021, Al Panik Andin Menghilang, Ternyata Andin di Rumah Sakit

Wawancara terakhir dan pemeriksaan kesehatan dilakukan pada Mei tahun depan, sebelum delapan orang terpilih dikonfirmasi.

Maezawa awalnya mencari artis untuk menemaninya pelesir ke Bulan saat  pertama kali mengumumkan niatnya  pada September 2018.

Namun, ia memutuskan untuk memperluas audiens yang lebih beragam dengan syarat mereka siap kreatif dan mendukung sesama kru yang memiliki aspirasi serupa.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Tanggapi Pengangkatan Said Aqil jadi Komisaris PT KAI: Semoga Menyadarkan Kaum Intoleran

Maezawa sempat pula membuka sayembara mencari pacar untuk menemaninya keliling bulan yang rencananya didokumentasikan dalam reality show.

Tapi dia membatalkan perburuannya tersebut pada Januari tahun lalu meskipun 27.722 wanita sudah melamar.

“Aku sungguh tulus membuka kesempatan untuk pendamping wanita tapi di saat yang sama ada bagian dari diriku yang belum seratus  persen yakin,” paparnya.

Diperkirakan akan memakan waktu tiga hari untuk mencapai Bulan dan tiga hari untuk kembali ke Bumi, kata Maezawa.

Baca Juga: Wafat, Pemain Terakhir yang Hengkang dari Manchester United ke Liverpool Satukan Liverpudlian dan Setan Merah

Total ada sepuluh hingga  12 orang yang ikut menembus atmosfer Bumi  termasuk Maezawa sendiri, kru SpaceX, dan delapan relawan.

Maezawa dan kru akan menjadi penjelajah bulan pertama sejak misi Apollo AS terakhir pada tahun 1972 jika SpaceX sukses mengudara.

Proyek Maezawa ini dipastikan bersaing dengan NASA.Badan antariksa AS itu dijadwalkan meluncurkan Artemis II pada musim panas 2023 yang juga akan mengitari Orion yang berada di sekitar bulan.

Baca Juga: Dijadikannya Tersangka 6 Laskar FPI, Tifatul Sembiring: Penyidik juga Akan Jadi Tersangka Dihadapan Malaikat

Namun bahkan jika NASA berhasil mengalahkan Maezawa, rombongan  sang  miliuner akan tetap menjadi warga sipil pertama yang melewati orbit rendah Bumi.

Keberhasilan misi Maezawa  bertumpu di pundak SpaceX yang juga  bergantung pada Starship yang diharapkan siap terbang pada tahun 2023.

SpaceX melakukan tes pada roket Starship SN10 yang memiliki model serupa dengan kendaraan proyek DearMoon.

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x