Temukan Batu Permata Langka, Ayah 30 Anak Ini Mendadak Jadi Miliarder

- 26 Juni 2020, 11:46 WIB
Berlian tanpa cacat ditawarkan dalam lelang langsung satu lot yang berdiri sendiri di Hong Kong pada 5 Oktober 2020.
Berlian tanpa cacat ditawarkan dalam lelang langsung satu lot yang berdiri sendiri di Hong Kong pada 5 Oktober 2020. /AFP/Angela Weiss/

GALAMEDIA - Seorang pria bernama Saniniu Laizer yang juga ayah dari 30 anak asal Tanzania mendadak menjadi miliarder dalam semalam setelah menemukan dua batu permata senilai 7,74 miliar shilling Tanzania atau tak kurang dari Rp 42,02 miliar.

Dikutip Galamedianews dari DailyMail, Jumat (26 Juni 2020)pemerintah menyerahkan cek puluhan miliar langsung kepada Sani sebagai kompensasi untuk dua batu permata berwarna campuran ungu-biru tua di tengah even perdagangan batu mulia kemarin.

Baca Juga: Ikut Cetak Gol Juara, Efek Dortmund Liverpudlian Yakin Klopp Susupkan Pulisic ke Stamford Bridge..

Sani yang menerima cek di Manyara mengaku menemukan bongkahan permata seukuran lengan orang dewasa itu di salah satu tambang tanzanit di utara Tanzania. Dikenal kaya mineral berharga kawasan ini dikelilingi tembok untuk mengendalikan penyelundupan lintas-batas.

"Besok akan ada pesta besar," ujar Sani kala ditanya apa yang akan dilakukannya kepada BBC. Memiliki empat istri dan 30 anak ayah berusia 52 tahun itu berencana menyembelih seekor sapi untuk merayakan rezeki nomplok keluarga besarnya.

Baca Juga: Menangis, Klopp Dedikasikan Gelar Juara Liverpool untuk Steven Gerrard

Sani juga akan menggunakan sebagian dari uang yang diterimanya untuk membangun sekolah dan pusat perbelanjaan. Tak lupa Sani  pun akan menyumbang uang pendidikan untuk tetangganya yang kurang mampu. Bertekad tetap hidup sederhana selama ini Sani menghidupi keluarga  dengan beternak sapi yang jumlahkan mencapai 2.000 ekor.

Juru bicara kementerian pertambangan mengonfirmasi batu permata tanzanit yang ditemukan Sani masing-masing seberat 9 kg dan 4,9 kg. Sebelumnya tanzanit terbesar yang pernah ditemukan memiliki bobot sekitar 3 kg.

Baca Juga: PPDB Masih Bermasalah, Kemendikbud Harus Sederhanakan Regulasi

Tanzanit merupakan jenis batu permata yang sangat langka dan hanya ditemukan di sebagian kecil wilayah Afrika Timur. Serah terima permata dan cek dari Bank of Tanzania dilakukan dengan mengundang media dan ditayangkan langsung di televisi.

Presiden John Magufuli bahkan menelepon  langsung untuk memberikan selamat. "Ini bukti  bahwa Tanzania negara kaya," ujar Magufuli kepada menteri mineral Doto Biteko.

Baca Juga: Segera Mengaspal, All New Honda Jazz Bakal Bermesin Formula 1

Baca Juga: Orang Berutang Terbebas dari Utangnya Setelah Dipenjarakan?

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x