Terkait Rencana Eksplorasi Panas Bumi Gunung Tampomas, Bupati Optimistis PLTP Beri Manfaat

- 7 Maret 2021, 17:28 WIB
Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir.
Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir. /Humas Sumedang/

GALAMEDIA - Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, mengaku optimistis dengan rencana pembangunan PLTP ( Pembangkit Listrik Tenana Panas Bumi) dengan mengeksplorasi sumber panas bumi Gunung Tampomas Kab.Sumedang, yang bisa memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Saat ini prosesnya baru tahap sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Sosialisasi tersebut menjadi ikhtiar untuk mengakselarasikan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi. Sehingga masyarakat tahu dan paham akan pentingnya pengembangan panas bumi," ujar Bupati, Minggu 7 Maret 2021.

Pembangunan PLTP itu diharapkan bisa memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Sumedang. Bahkan berdasarkan informasi yang diterima, sekurangnya akan terserap 400 orang tenaga kerja dalam pelaksanaan pembangunan PLTP tersebut.

Baca Juga: Fahri Hamzah Tanggapi Polemik KLB Demokrat, Kudeta Biasanya Berakhir Kudeta

Untuk itu Dony berharap ada akselerasi seiring mulai dilaksanakannya sosialisasi kepada masyarakat. Segera identifikasi permasalahan dan solusinya.

Pemkab Sumedang sendiri berkomitmen terus mendorong pemanfaatan EBT (Energi Baru Terbarukan) untuk mencapai target yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebesar 23% pada Tahun 2025.

"Saya yakin dengan konsolidasi birokrasi dan mobilisasi modal sosial masyarakat, masalah-masalah dilapangan akan teratasi dengan baik," katanya.

Baca Juga: Teddy Gusnaidi Peringatkan AHY dan SBY Soal Polemik Partai Demokrat: Hadapi Masalah Secara Jantan

Sebelumnya Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM Harris mengatakan, potensi panas bumi di Indonesia tersebar membentuk jalur gunung api, termasuk Gunung Tampomas di Kabupaten Sumedang, yang berpotensi besar dikembangkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x