Demokrat Versi Moeldoko akan Dukung Jokowi, Refly Harun: Motifnya Bisa Kekuasaan dan Pribadi dari Elit Partai

- 10 Maret 2021, 09:36 WIB
Pakar hukum tata negara, Refly Harun.
Pakar hukum tata negara, Refly Harun. /Instagram/@reflyharun.

GALAMEDIA - Pakar hukum Refly Harun menanggapi pernyataan Demokrat versi Moeldoko yang mendukung Jokowi, serta mengatakan siap menyumbang orang untuk menjadi menteri di kabinetnya.

Sesuai yang Galamedia lansir dari video Youtube Rely Harun pada Rabu, 10 Maret 2021, Refly menuturkan pernyataan salah satu pendiri Demokrat yang pro terhadap Moeldoko, yakni Ilal Ferhad yang mengatakan bahwa Demokrat Moeldoko akan mendukung Jokowi.

Ilal Ferhad mengatakan sebagai partai besar, Demokrat tidak pantas untuk menjadi oposisi. Ia juga menambahkan bahwa oposisi hanya boleh dilakukan oleh partai yang konsisten, yang dimana siapapun presidennya partai tersebut harus tetap menjadi oposisi.

Baca Juga: 15 Karakter Anime Paling Favorit Sepanjang Masa, Ada Kakashi Boruto sampai Levi AOT

Menanggapi hal ini, Refly Harun mengatakan, oposisi hanya boleh dilakukan oleh parpol yang memiliki pendirian tetap dan harus dilakukan secara konsisten di setiap era pemerintahan.

Ia malah bertanya-tanya mengenai dasar dari pernyataan Ilal Ferhad tersebut. "Mau siapapun presiden dia selalu oposisi kata Ilal. Ini teori darimana juga ini ya," tutur Refly Harun.

Melihat perpolitikan di Indonesia, menurut Refly Harun haluan politik memang bisa berubah seiring dengan pergantian kepemimpinan presiden, dari yang pro menjadi oposisi ataupun sebaliknya.

Baca Juga: Damrizal, Kader Demokrat Kubu Moeldoko Menangis, Abdullah Rasyid Teringat Momen Sekjen PDIP dengan KPK

Selanjutnya Refly Harun menjelaskan mengenai tujuan dari konflik Demokrat, yang terjadi belakangan ini. Menurutnya banyak sekali opini yang muncul.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x