Rencana Pengerukan Sungai Citarik Sepanjang 2 Km Ditangguhkan Karena Warga Ingin 5 Km

- 13 Maret 2021, 14:35 WIB
Pertemuan sejumlah pihak membahas rencana pengerjaan pengerukan Sungai Citarik di Aula Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, Jumat 12 Maret 2021.
Pertemuan sejumlah pihak membahas rencana pengerjaan pengerukan Sungai Citarik di Aula Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, Jumat 12 Maret 2021. /Engkps Kosasih

GALAMEDIA - Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Partai Demokrat, Yayat Sudayat terus menyuarakan kepentingan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana banjir yang disebabkan luapan Sungai Citarik di Kecamatan Cicalengka dan Rancaekek Kabupaten Bandung.

Ia pun sempat meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) untuk tetap menyiagakan alat berat backhoe yang saat ini masih diparkir di dekat aliran Sungai Citarik.

Yakni di perbatasan Desa Sindangpakuan Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang dan Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka, sebelum pelaksanaan pengerukan atau normalisasi Sungai Citarik dituntaskan.

Baca Juga: Jokowi Legalkan Limbah Batu Bara, Rocky Gerung: UU Cipta Kerja Payungi Penyimpangan Oligarki

"Alat berat backhoe tersebut akan digunakan untuk normalisasi Sungai Citarik, namun dalam pengerjaannya ditangguhkan karena tidak sesuai dengan harapan warga korban banjir yang ada di Kecamatan Cicalengka maupun Kecamatan Rancaekek," kata Yayat Sudayat kepada wartawan di Rancaekek, Sabtu 13 Maret 2021.

Melalui pertemuan dengan perwakilan BBWSC di Aula Kecamatan Cicalengka pada Jumat 12 Maret 2021, Yayat Sudayat mengungkapkan, rencana awal BBWSC akan melaksanakan pengerjaan normalisasi aliran Sungai Citarik sepanjang 2 k.

Normalisasi itu ada di kawasan Desa Sindangpakuan Kecamatan Cimanggung dan Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka. Sementara aliran Sungai Citarik yang masuk kawasan Rancaekek tidak menjadi prioritas pengerjaan normalisasi dari rencana awal BBWSC sepanjang 2 km itu.

Baca Juga: Diperkirakan Lahir Bulan Juli, Meghan Markle Sudah Siapkan Hadiah Jam Tangan Cartier 96 Juta untuk Sang Putri

"Makanya, kita mengusulkan kepada BBWSC pengerjaan normalisasi Sungai Citarik sepanjang 5 km, supaya aliran Sungai Citarik yang masuk kawasan Rancaekek, yakni masuk Desa Nanjungmekar, Desa Haurpugur dan Desa Bojongsalam juga turut dikeruk atau dinormalisasi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x