Heboh Tarian Petruk yang Diduga Sindir Jokowi, Ferdinand Hutahaean: Manusia Jadi Lucu dan Bodoh!

- 13 Maret 2021, 16:35 WIB
Ferdinand Hutahaean menanggapi video sambutan seniman Yogya bergaya petruk saat menyambut Presiden Jokowi dalam acara vaksin massal.*
Ferdinand Hutahaean menanggapi video sambutan seniman Yogya bergaya petruk saat menyambut Presiden Jokowi dalam acara vaksin massal.* //Tangkapan layar YouTube Rocky Gerung Official

GALAMEDIA - Beberapa hari yang lalu, Presiden Jokowi disambut dengan tarian wayang petruk saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para seniman di Yogyakarta.

Dari penyambutan itu, para tokoh dan pengamat politik banyak yang menafsirkan tarian wayang petruk tersebut sebagai sindiran untuk Jokowi.

Karena diketahui, para penari itu menggunakan topeng petruk yang berhidung panjang. Jelas penampilan tersebut dianggap sindiran karena mirip pinokio yang merupakan karakter yang suka berbohong.

Baca Juga: Setara Dua Abad, Korbankan Nyawa Dua Anak Sendiri demi Rp 43 Miliar Pria Ini Divonis 212 Tahun Penjara

Menanggapi hal tersebut, mantan politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean ikut buka suara dan membela Presiden Jokowi.

Melalui akun Twitter pribadinya, Ferdinand menjelaskan bahwa Petruk adalah budaya Jawa yang gemar bersenda gurau.

Baca Juga: Podcast Deddy Corbuzier: Dewa Kipas, Pecatur Indonesia yang Taklukkan Gotham Chess hingga Dituding Cheater

"Petruk adalah Putra Semar tokoh Punakawan budaya Jawa yg gemar bersenda gurau. Petruk adalah tokoh sakti yg sering berkelana uji tanding kesaktian," tulisnya, dikutip Galamedia, Sabtu 13 Maret 2021.

Bahkan Ferdinand juga mengatakan, orang yang tidak paham dengan cerita petruk tentunya mereka akan melihat tarian tersebut sebagai bentuk sindiran.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x