Belanda Ikut Hentikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca Covid-19

- 15 Maret 2021, 14:18 WIB
Vaksin AstraZeneca.
Vaksin AstraZeneca. /REUTERS/Dado Ruvic

GALAMEDIA - Negara Belanda pada hari Minggu 14 Maret 2021 bergabung dengan daftar negara yang menangguhkan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca setelah laporan kemungkinan efek samping yang tak terduga dari suntikan.

Dilansir Galamedia dari Reuters, pemerintah Belanda dalam sebuah pernyataan mengatakan, vaksin tersebut tidak akan digunakan hingga setidaknya 29 Maret sebagai tindakan pencegahan.

Pengumuman tersebut akan menyebabkan penundaan peluncuran suntikan di Belanda, yang telah memesan 12 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Baca Juga: Ibu Glenca Chysara Pemeran Elsa dalam Ikatan Cinta Saling Sindir dengan Mantan Anaknya, Adi Sastro

Otoritas kesehatan telah menjadwalkan sekitar 290.000 suntikan AstraZeneca dalam dua minggu mendatang.

"Langkah tersebut, yang mengikuti keputusan serupa oleh Irlandia pada hari sebelumnya, didasarkan pada laporan dari Denmark dan Norwegia tentang kemungkinan efek samping yang serius," kata pemerintah Belanda.

"Tiga petugas kesehatan di Norwegia yang baru-baru ini menerima vaksin sedang dirawat di rumah sakit karena pendarahan, pembekuan darah dan jumlah trombosit darah yang rendah," kata otoritas kesehatan Norwegia pada hari Sabtu, 13 Maret 2021.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Disandera Perampok, Istri dan Anak Di Maria Dipastikan Selamat

Namun, Kementerian Kesehatan Belanda mengatakan, belum ada kasus serupa yang ditemukan di Belanda, belum ada bukti hubungan langsung antara vaksin serta laporan dari Denmark dan Norwegia.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x