Survei IKKP 2021: Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Hukum Indonesia Masuk Kategori Paling Rendah

- 25 Maret 2021, 12:55 WIB
Petugas Detasemen Khusus (Densus) 88 membawa terduga teroris dari Lampung setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 16 Desember 2020.
Petugas Detasemen Khusus (Densus) 88 membawa terduga teroris dari Lampung setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 16 Desember 2020. /ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.



GALAMEDIA - Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (Puspek) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga melakukan survei terkait dengan Indeks Kepercayaan Kepada Presiden (IKKP) Tahun 2021.

Dilansir Galamedia dari Antara, survei IKKP dilakukan selama bulan Februari 2021, dan melibatkan 800 responden yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Pengukuran IKKP meliputi tujuh poin yang terdiri dari kebijakan pemerintah, kebijakan ekonomi, pembangunan sosial, hukum, pelaksanaan pemilu/pilkada, kelestarian lingkungan, dan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Total skor kepercayaan IKKP mencapai angka 71,93 atau dapat dikatakan dengan kategori tinggi.

Skor tersebut diperoleh dari penjumlahan ketujuh poin yang termuat di IKKP, dengan rincian sebagai berikut:

Baca Juga: Marzuki Alie dan Moeldoko Bakal Gelar Konferensi Pers, Andi Arief: Kalau Mau Menang, Jangan Curi Jalan Tengah!

1. Kebijakan pemerintah 70,05

2. Kebijakan Ekonomi 72,37

3. Pembangunan Sosial 71,57

4. Hukum 67,54

5. Penyelenggaraan Pemilu/Pilkada 77,54

6. Kelestarian Lingkungan 70,52

7. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 74,54

Berdasarkan survei yang dilakukan, menunjukkan bahwa masyarakat memiliki tingkat kepercayaan yang rendah kepada hukum jika dibandingkan dengan keenam aspek IKKP lainnya.

Oleh karena itu, Puspek Universitas Airlangga mendorong Presiden Jokowi beserta jajarannya agar lebih serius memberikan fokus pada dimensi hukum.

Baca Juga: Bravo! 89 Persen Masyarakat Masih Percaya Kepada TNI, Citra Positif TNI Masih Tinggi

Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap hukum, tentu berdampak baik pada peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x