Berkunjung dan Silaturahmi ke Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar, Ini yang Dirasakan dan Dijanjikan Emil

- 26 Maret 2021, 14:54 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik saat menerima penjelasan dari Aki Yoyo soal Kampung Adat Ciptagelar, Kamis 25 Maret 2021.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik saat menerima penjelasan dari Aki Yoyo soal Kampung Adat Ciptagelar, Kamis 25 Maret 2021. /humas disparbud jabar

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar, Kabupaten Sukabumi, 24-25 Maret 2021. Dalam kesempatan ini, Gubernur bersilaturahmi sekaligus menyerap aspirasi serta mengecek perlindungan masyarakat di Kasepuhan Ciptagelar.

Gubernur bertemu dengan Ketua Adat Kasepuhan Ciptagelar, Abah Ugi Sugriana Rakasiwi. Emil sapaan akrabnya mengaku terkesan dengan inovasi masyarakat di sana (Ciptagelar) yang memanfaatkan aliran air sebagai pembangkit listrik (mikro hydro).

"Sebagai gubernur, saya harus memastikan perlidungan kepada masyarakat berlangsung baik apalagi selama Covid-19 ini. Oleh karena itu saya sowan ke sini, kemudian ada aspirasi-aspirasi yang tentunya kita akan dukung," ucap Emil.

Baca Juga: Mamat Rahmat Alias Wareng Korban Terseret Arus Sungai Cihonje Ditemukan Sudah Meninggal

"Saya membawa bantuan sekitar Rp 50 juta. Kemudian, saya senang karena di sini listriknya mandiri yaitu dari sungai sendiri. Tapi ternyata turbinnya itu rusak. Nah kita minggu depan akan perbaiki. Kemudian, variasi bercocok tanam di sini juga dikembangkan."

"Saya sangat senang karena Kasepuhan Ciptagelar mempunyai inovasi teknologi tanpa menghilangkan nilai-nilai adat kesundaan. Jadi saya kira itu kesan yang luar biasa. Adatnya dipelihara tapi tidak gaptek. Mungkin itu yang membuat mereka bisa beradaptasi," tuturnya.

Dalam kunjungannya, Gubernur didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bambang Tirtoyuliono.

Baca Juga: Buku Harian Seorang Istri 26 Maret 2021: Nana Dipaksa Lakukan Tes oleh Farah, Hasilnya Mengejutkan!

Pemerintah Provinsi Jabar akan terus berupaya untuk membantu mengembangkan daya tarik wisata di desa-desa sehingga dapat mewujudkan tagline Gubernur yaitu 'Tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia'.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x