Bibit Siklon Tropis Penyebab Utama Bencana di NTT, Ini Wilayah yang Terdampak

- 5 April 2021, 13:51 WIB
Bibit Siklon Tropis Penyebab Utama Bencana di NTT, Ini Wilayah yang Terdampak
Bibit Siklon Tropis Penyebab Utama Bencana di NTT, Ini Wilayah yang Terdampak /HUMAS BNPB/ANTARA FOTO

GALAMEDIA - Kabar duka kembali menyelimuti Tanah Air pasalnya pada Minggu, 4 April 2021 kemarin terdapat bencana banjir bandang yang menerjang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Badan Meteoroligi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) penyebab utama dari banjir bandang yang menerjang NTT adalah adanya bibit siklon tropis yang berdampak pada cuaca ekstrem.

Siklon tropis merupakan salah satu gejala alam yang berlangsung secara periodik dan berdampak pada cuaca buruk.

Salah satunya yaitu potensi curah hujan lebat dan angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada sepekan ini mulai 3 hingga 9 April 2021 ke depan, sebagaimana dilansir Galamedia dari laman BNPB, 5 April 2021.

Baca Juga: Dosen NTU Singapura Soroti Jokowi di Pernikahan Atta-Aurel: Urusan Gak Penting, Negara Malah Turun Tangan

Wilayah yang terdampak yaitu Kabupaten Flores Timur dan sebanyak sembilan desa yang tersebar di empat kecamatan terdampak banjir bandang.

Tercatat Desa Nelemadike dan Nelewangi (Kecamatan Ile Boleng), Desa Waiburak dan Kelurahan Waiwerang (Adonara Timur), Desa Oyang Barang dan Pandai (Wotan Ulu Mado), Desa Duwanur, Waiwadan dan Daniboa (Adonara Barat).

Selain itu Kabupaten Sumba Timur terdapat 4 kecamatan terkena dampak dari bencana banjir bandang yaitu Kecamatan terdampak antara lain, Kecamatan Kambera, Pandawai, Karera dan Wulawujelu.

Dari bencana ini, BPBD Kabupaten Sumba Timur mencatat sebanyak 54 KK atau 165 jiwa mengungsi, sedangkan 109 KK atau 475 KK terdampak.

Baca Juga: dr.Tirta Sentil Pernyataan Fiersa Besari: Februari 2021 PSBB jadi Mikro, Event-event Mulai Jalan Kok

Sementara itu di Kabupaten Lembata ada dua kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur. Desa yang terdampak yaitu Desa Waowala, Tanjung Batu, Amakala, Jontona, Lamawolo dan Waimatan.

Tak hanya itu kejadian lainnya menerjang Kota Kupang, NTT yang berupa angin kencang, longsor, banjir rob serta gelombang pasang.

BNPB juga menerima laporan wilayah Kabupaten Malaka Tengah dan Ngada juga terdampak. Desa terdampak yaitu Kelurahan Kisantara, Lebijaga, Bajawa, Tanalodu (Kecamatan Bajawa) dan Kelurahan Riung.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x