Tak Hiraukan Peringatan Temannya, Rohati Tewas Tertimbun Longsor Saat Memanen Padi di Kampung Sadangayah

- 11 April 2021, 20:41 WIB
  Sejumlah warga sedang mengevakuasi korban tanah longsor pada lahan sawah setinggi 30 meter di Kampung Sindangayah RT 02/RW 12 Desa Neglasari Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Minggu, 11 April 2021.
Sejumlah warga sedang mengevakuasi korban tanah longsor pada lahan sawah setinggi 30 meter di Kampung Sindangayah RT 02/RW 12 Desa Neglasari Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Minggu, 11 April 2021. /tangkap layar whatsApp

GALAMEDIA - Seorang warga ditemukan sudah tak bernyawa akibat tertimpa longsor pada bagian tebing setinggi 30 meter di lahan sawah milik Anih di Kampung Sadangayah RT 02/RW 12 Desa Neglasari Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Minggu, 11 April 2021 siang.

Korbannya adalah Rohati (52), buruh tani warga Kampung Widara RT 03/RW 06 Desa Dukuh Kecamatan Ibun.

"Korban sedang memotong padi, tiba-tiba tebing longsor," kata Camat Ibun Adjat Sudradjat kepada galamedia, Minggu malam.

Sementara aparatur Desa Neglasari Atep Kusman mengatakan, peristiwa longsor yang menimbulkan korban jiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. "Korban ditemukan pukul 15.00 WIB, sudah meninggal dunia," katanya.

Baca Juga: Tegang Hingga Terjadi Hujan Gol dan Kartu, Persib Berhasil Atasi Militansi Pemain Muda Persebaya Surabaya

Sedangkan Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, melalui Kapolsek Ibun Iptu Carsono mengatakan, korban Rohati meninggal dunia akibat tertimbun/tertimpa tanah longsor tebing sawah setinggi kurang lebih 30 meter.

Carsono menjelaskan, sebelum terjadi peristiwa longsor, korban Rohati bersama dengan saksi Sardi dan Anih, sekira pukul 12.30 WIB melakukan panen padi.

"Kemudian sekira pukul 13.00 WIB turun hujan, sehingga kegiatan panen tidak dilanjutkan dan berteduh. Sedangkan korban masih melanjutkan pekerjaannya, walaupun sudah diingatkan oleh yang lainnya, namun korban tidak menghiraukannya," jelasnya.

Baca Juga: Ahli: Masyarakat Tidak Ragu untuk Vaksinasi Covid-19 Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Sekira pukul 14.00 WIB, tidak diduga tanah tebing sawah setinggi 30 meter dan lebar 10 meter yang berada dekat korban longsor yang kemudian menimpa tubuh korban hingga tertimbun.

"Seketika itu teman korban meminta bantuan warga untuk bersama-sama menolong/mengevakuasi korban dan tubuh korban dapat diangkat sekira jam 16.00 WIB. Saat ditemukan, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia. Setelah itu korban dibawa kerumahnya yang beralamatkan di Kp. Widara RT 03 RW 06 Desa Dukuh," katanya.

Carsono mengimbau kepada warga sementara waktu tidak melakukan kegiatan di area lokasi longsor.

Baca Juga: Produktivitas Pertanian Jabar Meningkat dengan Pemanfaatan Teknologi

"Dikhawatirkan ada longsor susulan, mengingat cuaca hujan. Selain itu tetap waspada sehubungan situasi sedang musim hujan," pungkasnya. **

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x