Masih Misteri, Tenggelamnya Kapal Selam Kursk Rusia Menjadi Kecelakaan Maritim Paling Tragis di Dunia

- 24 April 2021, 11:31 WIB
Ilustrasi kapal selam. /Pixabay/12019
Ilustrasi kapal selam. /Pixabay/12019 /

GALAMEDIA - Kecelakaan di dunia Maritim pernah dirasakan oleh negara Rusia. Kapal Selam Kursk milik Rusia ini menjadi insiden tragis di dunia.

Kejadian tersebut terjadi pada bulan Agustus 2000. Kapal Selam Kursk tenggelam ke dasar Laut Barents setelah dihantam rudal kapal perusak Rusia saat latihan.

Dilansir Galamedia melalui surat kabar Jerman Berliner Zeitung yang terbit pada 8 September 2000 menyebutkan bahwa Kursk tenggelam akibat rudal granit yang dikendalikan radar dan ditembakan kapal nuklir kelas Kirov, Peter the Great (Peter Agung).

Baca Juga: Buku Harian Seorang Istri 24 April 2021: Meskipun Kehadirannya Tak Diinginkan, Nana dan Dewa Semakin Harmonis

Dari kejadian tersebut menewaskan 118 kru di dalamnya. Namun, penyebab pastinya hingga detik ini masih belum ditemukan.

Banyak persepsi berdatangan terkait insiden tersebut. Moskwa mengatakan kecelakaan kapal selam Rusia Kursk karena tabrakan dengan kapal selam lainnya kemungkinan milik negara anggota NATO. Namun, informasi itu dikatakan mungkin akibat tabrakan lainnya.

Hal ini juga menjadi kontrovesi. Otoritas Rusia menolak bantuan dari kapal AL Inggris dari Norwegia yang membuat warga Rusia bertanya-tanya mengapa hal itu terjadi.

Baca Juga: Dikeroyok Warganet, Roy Suryo Klarifikasi Twit Samakan Hilangnya KRI Nanggala 402 dengan Harun Masiku

Sehingga akhirnya 118 kru di dalam kapal selam tersebut tak berhasil diselamatkan. Dari 118 kru tersebut ada yang meninggal saat kecelakaan dan ada yang bertahan hidup selama beberapa hari sebelum meninggal.

Para kru yang masih bertahan hidup sempat menuliskan catatan harian menggunakan darah untuk orang-orang yang mereka cintai sebelum menghembuskan nafas terakhir.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x