Pelaksanaan PTM Lebih Mengutamakan Keselamatan Siswa dan Mencegah Penularan Covid-19

- 26 Mei 2021, 12:40 WIB
Plt. Wali Kota Cimahi memantau langsung pelaksanaan simulasi PTM di SDN Cimahi Mandiri 2 Jalan Djulaeha Karmita, Senin 24 Mei 2021.
Plt. Wali Kota Cimahi memantau langsung pelaksanaan simulasi PTM di SDN Cimahi Mandiri 2 Jalan Djulaeha Karmita, Senin 24 Mei 2021. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA -  Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang direncanakan pada tahun ajaran 2021/2022 akan mengutamakan keselamatan siswa dan mencegah penularan di lingkungan satuan pendidikan.

“Pembelajaran Tatap Muka tahun ajaran baru pada Juli mendatang akan mempertimbangkan kondisi dan perkembangan pandemi serta zonasi risiko di setiap daerah, serta cakupan program vaksinasi yang diberikan kepada tenaga pendidik.”

Demikian dikatakan juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (26 Mei 2021).

Baca Juga: Sinopsis Badai Pasti Berlalu 26 Mei 2021: Sisca dalam Bahaya! Leo Sigap Gagalkan Rencana Helmi

Dikatakannya, pemerintah dan satgas di daerah akan memastikan seluruh kondisi dalam pertimbangan tersebut terpenuhi.

Dengan begitu PTM terlaksana dengan aman dan mencegah risiko penularan di lingkungan satuan pendidikan.

Sebelumnya, pemerintah mengizinkan dibukanya kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani empat menteri.

Keempatnya yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) dan Menteri Agama (Menag).

Baca Juga: Pelaku Wisata Diminta Taati Aturan Agar Objek Wisata di KBB Tidak Ditutup

Dalam SKB ditegaskan, pembelajaran tatap muka bisa dilakukan pada tahun ajaran baru 2021/2022.

SKB juga mengatur sejumlah pertimbangan seperti tingkat risiko penyebaran Covid-19 di wilayahnya dan kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan.

Juga kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai yang dipersyaratkan dalam daftar periksa serta akses terhadap sumber belajar atau kemudahan belajar dari rumah dan psikososial peserta didik.

Baca Juga: Sinopsis Badai Pasti Berlalu 26 Mei 2021: Menegangkan, Dicky Mulai Curigai Helmi!

Pelaksanaan PTM harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dilakukan dengan sistem bergantian atau sif.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x