Aksi Solidaritas Pegawai KPK Tak Digubris, Pegawai Lolos TWK Tetap Dilantik di Hari Pancasila

- 31 Mei 2021, 20:42 WIB
Foto lokasi pelantikan pegawai KPK yang lolos TWK bocor di Medsos, berdekorasi merah putih berkarpet merah.
Foto lokasi pelantikan pegawai KPK yang lolos TWK bocor di Medsos, berdekorasi merah putih berkarpet merah. /Twitter/@girisuprapdiono//

GALAMEDIA - Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) akan dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Mereka akan dikukuhkan pada Selasa, 1 Juni 2021 bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. Ternyata pelantikan itu memiliki makna tersendiri.

Berdasarkan keterangan resmi Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan pelantikan tersebut dilakukan di hari lahir Pancasila agar pegawai KPK mempunyai rasa pancasilais.

"Secara simbolisis, untuk menyatakan bahwa pegawai KPK Pancasilais," kata Nurul Ghufron dalam keterangannya dikutip Galamedia pada Senin, 31 Mei 2021.

Sebelumnya, sekitar 600 lebih pegawai KPK yang dinyatakan lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) melakukan aksi solidaritasnya pada pegawai KPK yang tak lolos TWK.

Baca Juga: Jabar Siaga 1 Covid-19! BOR Naik Hingga 8 Persen Selepas Libur Lebaran, Ridwan Kamil: Imbas Mudik

Namun ternyata aksi tersebut tak mengubah rencana KPK untuk melantik para pegawai yang lolos TWK sebagai ASN pada esok hari.

"Komitemen kami melantik pada tanggal 1 Juni. Hal tersebut untuk memperingati dan menghormati Hari Lahir Pancasila," ujar Ghufron.

Aksi solidaritas itu dianggap Ghufron sebagai pengamalan dari sila ketiga Pancasila. Itu hanya sebagai bentuk solidaritas yang diberikan untuk pegawai KPK yang tak lolos TWK.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x