Jabar Siaga 1 Covid-19! BOR Naik Hingga 8 Persen Selepas Libur Lebaran, Ridwan Kamil: Imbas Mudik

- 31 Mei 2021, 20:15 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. /Yogi P/Biro Adpim Jabar/

GALAMEDIA - Jawa Barat saat ini tengah siaga 1 kenaikan kasus Covid-19 selepas libur lebaran lalu.

Pasalnya, angka Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian ruang perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit wilayah Jabar tengah dalam tren naik.

"Sedang Siaga 1, pertama terjadi kenaikan dalam BOR, biasanya turun. Minggu ini naik delapan persen dari 30,6 menjadi 38,2 persen," tegas Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Kenaikan ukurna BOR kalau sampai 10 persen itu ada lonjakan," tambah dia seusai Rakor Penanganan Covid-19 di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin, 31 Mei 2021.

Baca Juga: Tak Ingin HRS Lolos dengan Hukuman Ringan, Jaksa Resmi Ajukan Banding

Pria yang akrab disapa Emil itu menuturkan, kenaikan kasus Covid-19 merupakan imbas dari libur Lebaran 2021 dan adanya warga yang melaksanakan mudik meskipun ada larangan melakukan mudik.

"Karena libur Lebaran dan mudik yang bocor yang sudah kita upayakan. Mudah mudahan jadi pembelajaran. Apa yang kita upayakan untuk menghindari hal ini," lanjutnya, dikutip dari Antara.

Menurut dia berdasarkan data yang diterima oleh pihaknya diketahui bahwa sejumlah rumah sakit di Jabar kembali penuh sehingga pihaknya meminta pengelola rumah sakit untuk segera mengalihfungsikan kamar perawatan umum untuk pasien Covid-19.

Baca Juga: Waspada! Sebaran Covid-19 Terus Naik, Desa Cinunuk Jadi Zona Oranye

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x