Ingat! Jabar Siaga 1 Covid-19 Lho, Jangan Lupakan Prokes

- 1 Juni 2021, 11:53 WIB
Seorang warga melintas di depan baligo himbauan penggunaan masker di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Warga diimbau meningkatkan penerapan prokes di tengah status Siaga 1 Covid-19 di Jabar.
Seorang warga melintas di depan baligo himbauan penggunaan masker di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Warga diimbau meningkatkan penerapan prokes di tengah status Siaga 1 Covid-19 di Jabar. /Arif Hidayah/Pikiran Rakyat

GALAMEDIA - "Alhamdulillah kita mah masih bisa mudik. Memang ada penyekatan, tapi tetap aja bisa lolos. Petugas juga manusia lah," kata seorang rekan sepekan setelah Idul Fitri 1442 Hijriah.

Ya, dia bersama dengan keluarganya memilih untuk mudik ke kampung halaman di daerah timur Jawa Barat. Dari Bandung, mereka berangkat menggunakan mobil, dua hari menjelang lebaran.

Mereka kembali ke Bandung pada H+4 lebaran. Tak ada swab test, antigen atau tes Covid-19 yang ia dan keluarganya jalani. Namun secara fisik sampai hari ini, seorang rekan ini dan keluarganya masih tampak sehat-sehat.

Namun berbeda dengan fakta lain di Jawa Barat khususnya. Dua pekan setelah Idul Fitri 1442 berlalu, imbas dari aktivitas mudik yang dilakukan oleh sebagian orang mulai terasa.

Baca Juga: Alhamdulillah 3 Bansos Ini Cair Bulan Juni 2021, Untuk Mengeceknya Cukup dengan KTP Lho!

Angka kenaikan kasus pun mulai terlihat. Bahkan status sejumlah daerah di Jawa Barat juga ikut meningkat mendekati level bahaya.

Sebenarnya sudah sejak lama pemerintah mewanti-wanti masyarakat untuk tidak mudik. Menahan diri menghabiskan waktu lebaran di tanpa berkumpul dengan keluarga, sepertinya memang sulit dilakukan.

Nasi sudah menjadi bubur. Sekarang, tinggal bagaimana pemerintah dan masyarakat kembali mengubah angka yang terus meningkat itu bisa kembali turun.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto termasuk menjadi orang yang cukup prihatin dengan kondisi yang terjadi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x