Di Masa Pandemi, Santri Harus Melek Kesehatan dan Diharapkan Jadi 'Duta' Kesehatan untuk Masyarakat

- 10 Juni 2021, 11:25 WIB
Puluhan santri mengikuti pembekalan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kab.Sumedang.
Puluhan santri mengikuti pembekalan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kab.Sumedang. /Ade Hadeli

GALAMEDIA - Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan di masa pandemi Covid-19 santri yang mondok di Pesantren harus melek kesehatan. Ini dilakukan agar para santri bisa hidup lebih sehat.

"Warga pondok pesantren harus mengenal masalah kesehatan agar bisa merencanakan serta melakukan upaya pencegahannya jika ada gangguan kesehatan. Tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat. Sehingga di masa pandemi ini, mereka tidak terpapar Covid-19," kata Dony kepada wartawan, Kamis 10 Juni 2021.

Dony berharap warga pondok pesantren bisa menjadi perintis, pelaku atau pemimpin yang bisa menggerakkan masyarakat berdasarkan azas kemandirian dan kebersamaan, termasuk dalam bidang kesehatan.

Baca Juga: Yasonna Sebut Pasal Penghinaan Presiden untuk Jaga Peradaban, Rizal Ramli: Ngomong yang Benarlah!

"Kemarin sejumlah perwakilan warga santri, sudah mengikuti pembekalan tentang kesehatan, yang dilaksanakan oleh petugas Dinas Kesehatan. Setelah mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan tentang kesehatan, diharapkan muncul kesadaran akan arti pentingnya menjaga kesehatan dan mempromosikannya," ujar Dony.

Jika sudah tumbuh kesadaran, katanya maka mereka dapat menjadi bagian untuk menyampaikan informasi dengan menyosialisasikan serta mengajak kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Baca Juga: Celana Trump Terlihat Aneh Saat Hadiri Reli, Netizen +1: Dipopok atau Terbalik?

"Bahkan di masa pandemi Covid-19, mereka diharapkan mampu menjadi teladan dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker dengan benar, rajin mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Jadi sudah saatnya para santri ini melek kesehatan," tandasnya.***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x