PPnBM 'Mati', PPN Sembako 'Hidup', Rocky Gerung: Cara Biadab untuk Pertahankan Peradaban

- 11 Juni 2021, 14:32 WIB
Pengamat politik Rocky Gerung.
Pengamat politik Rocky Gerung. //Tangkap layar YouTube Rocky Gerung Official./

GALAMEDIA – Pengamat Politik, Rocky Gerung menilai keberadaan PPN Sembako disebabkan oleh ketidakfokusan Sri Mulyani dalam melakukan pekerjaan sebagai Menteri Keuangan (Menkeu).

"Sri Mulyani sialnya jadi kasir sekaligus pencari uang. Ini anehnya. Kalo Menteri Keuangan mestinya cuman cari uang aja. Dia pusing sendiri tuh. Saking pusingnya sampe dibikin kebijakan PPN sembako," ucap Rocky Gerung melalui kanal YouTube Rocky Gerung Official, Jumat, 11 Juni 2021.

Menurutnya, keberadaan PPN sembako itu secara tidak langsung membuat sebagian besar masyarakat berpikir jika Sri Mulyani itu tidak berpihak kepada rakyat.

Baca Juga: Turki vs Italia, Lorenzo Pellegrini Masuk Daftar Cedera Timnas Gli Azzurri Beberapa Jam Jelang Laga

Kemudian Rocky memaparkan sebuah teori kebijakan publik yang menyebut jika ekonomi itu terdapat dua bagian yakni bagian akumulasi dan bagian distribusi.

Teori ini dapat dilihat implementasi pada PPN sembako dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

"Sri Mulyani itu dianggap tidak berpihak kepada rakyat karena keberadaan PPN sembako. Kalau kita belajar sedikit soal teori kebijakan publik, ekonomi itu dibagi dua ada yang bagian akumulasi dan distribusi," paparnya.

Jika menilik pada teori tersebut, menurut Rocky, PPN sembako tergolong ke dalam ekonomi bagian distribusi. Sementara PPnBM tergolong ke dalam ekonomi bagian distribusi.

Baca Juga: Terungkap! Ini Ternyata Alasan Nama Euro 2020 Tak Berubah Meski Digelar Tahun 2021

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X