Pusat Isolasi Pasien Covid-19 di Cimahi 80 Persen Terisi

- 11 Juni 2021, 18:41 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/Gerd Altmann/

 

GALAMEDIA - Pusat isolasi pasien Covid-19 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Barat yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi hampir penuh, hingga kini keterisiannya sudah mencapai 80 persen dari kapasitas.

Berdasarkan data yang dihimpun, hingga Jumat 11 Juni 2021, jumlah pasien Covid-19 yang menjalani isolasi di BPSDM Jawa Barat mencapai 144 orang. Jumlah itu naik drastis dari awal bulan Juni yang hanya 54 orang.

"Per 11 Juni lonjakan pasien sangat terasa. Terutama pascalibur hari raya. Sampai hari ini 144 orang. Persentasinya sudah 80 persen dari kapasitas 180 orang," terang Penanggungjawab Satuan Pelayanan Isolasi Mandiri Jawa Barat, Hadi Rahmatsyah, Jumat 11 Juni 2021.

Baca Juga: Sudah Jadi Budaya, Akhirnya Preman Pelaku Pungli di Tanjung Priok Ditangkap dan Dikenai Sanksi

Menurutnya, pasien Covid-19 yang dirawat di Pusat Isolasi BPSDM Jawa Barat berasal dari berbagai daerah di Bandung Raya. Seperti dari Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Memang saat ini kluster keluarga sangat dominan. Jumlah pasien di atas 60 tahun ada 5 orang, dibawah 5 tahun ada 2 orang. Sisanya usia 6-60 tahun," terangnya.

Dikatakan Hadi, jika melihat tren perkembangan kasus di Jawa Barat, kemungkinan besar Bor Occupancy Rate (BOR) di Pusat Isolasi BPSDM Jabar akan terus mengalami peningkatan. "Trennya dalam 10 hari terkahir luar biasa meningkat, sehingga kemungkinan untuk bertambah lagi masih ada," sebutnya.

Baca Juga: Mobil Avanza yang Terbakar di Tol Purbaleunyi Ada Kaitannya dengan Kejadian Tabrak Lari

Hadi melanjutkan, semua pasien Covid-19 yang diisolasi di BPSDM Jabar merupakan kategori tanpa gejala dan gejala ringan. Sesuai aturan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, pasien akan menjalani perawatan 10-13 hari.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x