21 Nakes Tumbang, Kadinkes Kota Cimahi: Akhir-akhir Ini Tugasnya Semakin Berat

- 18 Juni 2021, 19:56 WIB
 Kadinkes Kota Cimahi, drg Pratiwi.
Kadinkes Kota Cimahi, drg Pratiwi. /BUDI SATRIA/PRFM

GALAMEDIA - Sebanyak 21 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Cimahi tumbang, setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

Para nakes ini tersebar di beberapa rumah sakit, puskesmas ataupun klinik, dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Data sampai tanggal 13 Juni 2021 itu, ada 21 tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini mereka sedang menjalani isolasi mandiri," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, drg. Pratiwi, Jumat, 18 Juni 2021.

Dikatakannya, para nakes yang terpapar virus korona ini ada yang bertugas di rumah sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya. Mereka mayoritas menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Hanya ada satu orang yang sedang menjalani isolasi di rumah sakit.

Baca Juga: Survei LSI Mega-Prabowo-Airlangga King Maker Pilpres 2024, Waketum Nasdem Sebut Hal itu Biasa Saja

"Yang bersangkutan sempat mengeluhkan gejala sakit ringan, makanya isolasinya di rumah sakit," tutur Pratiwi

Pihaknya belum mengetahui persis sumber penularan Covid-19 terhadap para nakes yang merupakan garda terdepan dalam penanganan virus mematikan ini. Walaupun dalam bertugas mereka memakai APD lengkap, dan menerapkan prokes.

Menurut Pratiwi, ada berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan para nakes tersebut terpapar Covid-19. Seperti tertular dari pasien, pengunjung, bahkan dari keluarganya.

"Bisa juga karena mereka kelelahan, karena kan akhir-akhir ini tugasnya semakin berat. Apalagi kasusnya kan di Cimahi meningkat," ujarnya.

Seperti diketahui, kasus Covid-19 di Kota Cimahi sendiri memang mengalami lonjakan usai Hari Raya Idulftri. Kondisi tersebut tentunya semakin menguras tenaga para nakes.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X