Ramai Wacana Presiden 3 Periode, PKS: Butuh Sikap Lebih Keras dari Jokowi untuk Tolak Wacana Tersebut

- 20 Juni 2021, 11:34 WIB
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera.
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. /Foto: Dok. PKS.

GALAMEDIA - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera dengan tegas menentang ide perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode.

Sebelumnya ramai wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode yang dicanangkan Jokpro (Jokowi - Prabowo) 2024.

Menanggapi hal tersebut, Politikus PKS Mardani Ali Sera menyebut wacana tadi bertentangan dengan demokrasi, tak sesuai amanat reformasi, dan berbahaya.

Baca Juga: Qodari Bentuk Relawan JokPro 2024 Guna Hindari Polarisasi, Tokoh Papua: Itu Qodari Mau Cari Makan Aja

"Ide tiga periode berbahaya. Ide tiga periode bertentangan dengan demokrasi. Ide tiga periode bertentangan dengan amanat reformasi," ujarnya yang dikutip Galamedia dari akun Twitter pribadinya, @MardaniAliSera.

Ia mengatakan ada tiga alasan wacana tiga periode jabatan presiden harus ditolak.

Pertama, karat kekuasaan berbahaya dan makin lama karatnya berpotensi makin besar.

Baca Juga: Indonesia Darurat Covid-19, Prof Emil Salim: Covid-19 Kian Mengganas, Uang Negara Terbatas

"Power tend to corrupt. Kekuasaan cenderung menyimpang. Kita liat kelamaan di demorkasi terpimpin, kelamaan di rezim azas tunggal, membuat rakyat menderita. Jangan ulangi tirani kembali," paparnya.

Alasan kedua adalah kekhawatiran sirkulasi kekuasaan akan tidak terjadi. Ia meyakini bukan hanya Presiden Joko Widodo yang mampu memimpin Indonesia.

"Bohong kalau mengatakan cuma Pak Jokowi yang mampu memimpin maka dari itu perlu tiga periode. Ada banyak yang lain," lanjutnya.

Baca Juga: Mudik, Liburan Hingga Ibadah Masjid Diperketat Pemerintah, Humas Partai Ummat: Kok Covid-19 Masih Melonjak?

Mardani juga meminta Jokowi lapang dada dengan masa jabatan dua periode saja. Selain itu, Jokowi diminta bersikap lebih keras untuk menolak wacana tiga periode.

"Selama ini (Jokowi) bagus kok, sudah punya sikap tegas tinggal perlu lebih keras lagi untuk menentang tiga periode," ujarnya.

Terakhir, Mardani mengatakan ruang publik akan sangat tak sehat jika wacana tiga periode dilakukan.

"Akan banyak buzzer yang akan memuja memuji yang ingin tiga periode, yang akan menekan mereka yang kritis," pungkasnya.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x