Selamat Ulang Tahun Jokowi! Refly Harun: Semoga Bisa Berikan Berkah, Tapi Sayang Ada Kecenderungan Otoriter

- 21 Juni 2021, 15:31 WIB
Ahli hukum tata negara, Refly Harun.
Ahli hukum tata negara, Refly Harun. /Instagram @reflyharun

GALAMEDIA – Sama seperti hal dengan beberapa tokoh nasional lainnya, Refly Harun juga ikut mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-60 tahun untuk Presiden Jokowi.

Ia pun berharap semoga umur Presiden Jokowi senantiasa diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa dan bisa memberi kebaikan bagi bangsa dan negara Indonesia.

“Kita mengucapkan selamat ulang tahun Presiden Jokowi. Semoga usia 60 tahun ini bisa memberikan lebih banyak berkah, terutama untuk kebaikan bagi bangsa dan negara ini,” ucap Refly Harun, seperti dikutip Galamedia dari channel YouTube, @Refly Harun, Senin, 21 Juni 2021.

Walaupun begitu, Refly Harun memandang jika pemerintahan Presiden Jokowi memiliki kecenderungan bergerak ke arah otoriter.

Baca Juga: Rilis 'Hotel Transylvania: Transformania' Ditunda ke Bulan Oktober, Mendekati Momen Halloween

“Tapi sayang ada kecenderungan pemerintahannya berjalan dengan jalur otoriter,” tutur Refly Harun.

Pakar hukum tata negara ini memaparkan jika kecenderungan tersebut dapat dibuktikan dengan keberadaan tiga masalah utama yang hingga saat ini belum diselesaikan oleh pemerintahan Presiden Jokowi.

Ketiga masalah utama pemerintahan Presiden Jokowi yang dimaksud Refly Harun adalah penegakan hukum yang lemah, korupsi yang masih merajalela, dan pelemahan demokrasi.

“Hal itu bisa dibuktikan dengan 3 masalah utama pemerintahan Presiden Jokowi. Pertama, penegakan hukumnya lemah. Kedua, korupsi masih merajalela. Ketiga, pelemahan demokrasi,” papar Refly Harun.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x