Jangan Lagi Memakai Masker Kain! Ternyata Begini Risikonya

- 21 Juni 2021, 22:03 WIB
Ilustrasi. Pakar vaksinolog dan spesialis penyakit dalam dr. Dirga Sakti Rambe ungkap alasan pemakaian masker kain tiga lapis tidak dianjurkan.
Ilustrasi. Pakar vaksinolog dan spesialis penyakit dalam dr. Dirga Sakti Rambe ungkap alasan pemakaian masker kain tiga lapis tidak dianjurkan. /Pixabay

GALAMEDIA - Sejak pandemi Covid-19 melanda, masker menjadi barang yang wajib dikenakan. Kreasi warga Indonesia pun muncul dengan membuat beragam masker.

Sejak awal pandemi, sempat muncul masker scuba, yakni masker kain satu lapis. Penggunaannya dianggap tak efektif.

Belakangan, masker kain tiga lapis pun disarankan untuk tak lagi digunakan. Kecuali bila Anda melapisinya dengan masker bedah agar bisa lebih terlindung.

Hal itu disampaikan vaksinolog dan spesialis penyakit dalam dr. Dirga Sakti Rambe.

Baca Juga: Kinerja Polri Dinilai Makin Memuaskan, Survei: Opini Publik Relatif Positif

"Masker kain sudah tidak dianjurkan, lagipula masker bedah sudah banyak tersedia dan harganya terjangkau, gunakan hanya masker berkualitas," terang Dirga dalam webinar kesehatan, dikutip dari Antara, Senin, 21 Juni 2021.

Dirga mengatakan, penggunaan masker sangat penting dalam mencegah penularan dalam protokol kesehatan 3M.

Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Masker medis terbukti masih paling efektif jika digunakan dengan tepat.

"Saya menyarankan untuk mengganti masker maksimal 6 jam, atau ganti segera setelah masker sudah basah atau kotor," tambahnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x