Data Facebook hingga NASA Digunakan untuk Memantau Mobilitas Masyarakat Selama PPKM Darurat

- 5 Juli 2021, 20:27 WIB
Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyatakan pihaknya menggunakan data Facebook, Google dan NASA untuk memantau mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat.
Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyatakan pihaknya menggunakan data Facebook, Google dan NASA untuk memantau mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat. /Antara

GALAMEDIA - Beragam cara dilakukan pemerintah untuk memantau mobilitas masyarakat selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Salah satunya yakni memakai data indikator Facebook Mobility, Google Traffic, hingga Night Light dari NASA.

"Tiga indikator tersebut dibuat indeks komposit gabungan untuk menggambarkan mobilitas masyarakat secara umum," terang Juru Bicara Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 5 Juli 2021.

Jodi menjelaskan, Koordinator PPKM Darurat hari ini melakukan rapat evaluasi penerapan PPKM Darurat dengan para pejabat daerah di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.

Baca Juga: Keadaan Indonesia Semakin Kacau, Rocky Gerung: Jokowi Harus Lempar Handuk, Terlihat Kegagalan Pemerintah

Data yang dihimpun tiga indikator mobilitas Facebook, Google, dan NASA, menunjukkan masih banyak masyarakat yang melakukan pergerakan di tiga provinsi tersebut.

"Data indeks itu nantinya akan diberikan kepada masing-masing wilayah untuk segera dilakukan evaluasi dan intervensi karena ditemukan masih banyak pergerakan masyarakat," terangnya, dikutip dari Antara.

Selain diberikan kepada para pejabat daerah, lanjut Jodi, data indeks mobilitas tersebut nantinya akan segera digabungkan ke website Kementerian Kesehatan.

Tujuannya agar pemerintah daerah dapat mengakses informasinya secara harian sekaligus dapat mengevaluasi sesuai kebutuhan di masing-masing wilayah.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x