Bangunan Klinik Harapan Bunda Dijadikan Tempat Isoman OTG, Disiapkan 25 Tempat Tidur

- 8 Juli 2021, 09:05 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah.
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah. /PIXABAY/MaryTs

GALAMEDIA - Bangunan Klinik Harapan Bunda yang berlokasi di Jalan Sudirman, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi dijadikan tempat isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19 yang OTG atau orang tanpa gejala.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, drg. Pratiwi mengatakan, bangunan tersebut sebelumnya sudah tidak terpakai, sehingga pihaknya meminta izin untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri.

"Kita sudah membuat rumah isolasi mandiri di Baros, bekas Klinik Harapan Bunda," katanya, Rabu 7 Juli 2021.

Baca Juga: Dianggap Gagal Tangani Covid-19, Tokoh NU Minta Jokowi Kerja dengan Benar dan Cepat: Sudahilah

Menurut Pratiwi, tempat isolasi mandiri tersebut sudah jadi dan siap ditempati pasien Covid-19 yang ingin menjalani penyembuhan di luar rumahnya masing-masing.

Pihaknya menyiapkan sekitar 20-25 bed atau tempat tidur. "Sudah dibuka, tapi belum ada yang menempati. Hari ini baru dilengkapi dengan kapasitas 20-25 bed," terang Pratiwi.

Lebih jauh dikatakannya, pelayanan di tempat isolasi tersebut tidak seperti di rumah sakit. Namun layaknya seperti di rumah. Sebab, rumah isoman tersebut khusus pasien yang tidak memiliki gejala.

Pihaknya hanya menyediakan tenaga keamanan, dan administrasi di tempat tersebut. Sementara untuk pemantauan terhadap pasien akan dilakukan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Puskesmas sekitar.

Baca Juga: BUMD Jabar Serahkan Bantuan 70 Tempat Tidur Rumah Sakit untuk RS Dustira

"Ini tidak seperti rumah sakit. Jadi tidak ada pemantauan khusus, hanya dijaga satpam saja. Bagi yang akan menempati adalah pasien OTG (Orang Tanpa Gejala)," jelasnya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x