Tidak Didesak Mundur, Jokowi Kini Dipuji hingga Tagar #JokowiAtasiPandemi Trending

- 11 Juli 2021, 09:47 WIB
 Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap di hari lebaran ini pandemi Covid-19 dapat segera sirna dan mengembalikan kehidupan yang normal.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap di hari lebaran ini pandemi Covid-19 dapat segera sirna dan mengembalikan kehidupan yang normal. /Antara/

GALAMEDIA – Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia terus terjadi dan semakin parah setiap harinya. Sadar akan kondisi tersebut, pemerintah kembali melakukan refocusing dan realokasi anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Nathan Kacaribu menjelaskan, realokasi dana dilakukan dengan mengurangi anggaran di sejumlah pos program PEN dan menambah anggaran di pos lainnya.

Sehingga anggaran PEN tidak mengalami perubahan, yakni tetap sebesar Rp 699,43 triliun.

Baca Juga: Ini Dia Juara EURO 2020 Prediksi Meerkat Mistik

“Kami tahun 2020 sekitar 2 kali mengubah postur, dan tahun 2021 tetap menggunakan strategi yang sama, di mana kita diberikan keleluasaan untuk me-refocusing dan merealokasi mengingat tahun 2021 fleksibilitas dibutuhkan,” ucapnya dalam diskusi virtual, Jumat, 9 Juli 2021.

Adapun dari lima sektor PEN, tiga di antaranya mengalami peningkatan anggaran, yakni perlindungan sosial, anggaran kesehatan, dan insentif usaha.

Sementara untuk dua sektor lainnya, yakni dukungan UMKM dan korporasi serta program prioritas mengalami penurunan. Namun secara keseluruhan, realisasinya sudah mencapai Rp 252,3 triliun per akhir Juni 2021.

Baca Juga: PPDB SMA-SMK 2021 di Bodebek Cenderung Membaik Dibanding Tahun Lalu

Sebagai informasi, per Sabtu, 10 Juli 2021 kemarin, penambahan kasus Covid-19 tercatat ada 35.094.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x