Minim Peminat, Sejumlah SDN di Kota Cimahi Kekurangan Siswa

- 14 Juli 2021, 18:31 WIB
Ilustrasi Siswa SDN Cibabat 5 sedang menjalani simulai atau uji coba PTM di sekolahnya, Rabu, 9 Juni 2021./Laksmi Sri Sundari/Galamedia
Ilustrasi Siswa SDN Cibabat 5 sedang menjalani simulai atau uji coba PTM di sekolahnya, Rabu, 9 Juni 2021./Laksmi Sri Sundari/Galamedia /

GALAMEDIA - Sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Cimahi masih ada yang kekurangan siswa. Sebab, jumlah pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini tidak sesuai target.

Seperti SDN Cibabat Mandiri 2. Awalnya sekolah tersebut menargetkan ada tiga kelas atau minimalnya ada 60 pendaftar. Namun pada kenyataannya hanya cukup untuk dua kelas saja.

"Kemudian SDN Baros Mandiri 4 yang biasanya terisi empat kelas, pendaftarnya hanya cukup dua kelas," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi, Harjono, Rabu, 14 Juli 2021.

Baca Juga: Ini Fakta Seputar Mikha Tambayong yang Baru Lulus S2

Kemudian yang paling parah, kata Harjono, di SDN Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. "Di Cireundeu itu hanya 13 yang mendaftar," katanya.

Untuk menambah kekurangan tersebut, kata Harjono, rencananya pihaknya akan melakukan re-retribusi siswa dari sekolah yang jumlah pendaftarnya melebihi target. Sebab, kata dia, ada juga sekolah yang memang pendaftarnya membludak.

Menurut Harjono, kebijakan itu diperbolehkan berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan tahun pembelajaran 2021/ 2022.

Baca Juga: Pidato Jokowi Soal Pemerintah Tak Bisa Bekerja Jadi Blunder, Gde Siriana: Kibarkan Bendera Putih Dimana-mana

"Dinas Pendidikan mempunyai kewenangan untuk mengatur itu. Ketika ada kuota di satu sekolah berlebih sementara sekolah lain kosong, itu bisa digeser," jelas Harjono.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x