Warga Nahdliyin Diimbau Alihkan Dana Membeli Hewan Kurban untuk Bantu Warga Terdampak Pandemi

- 14 Juli 2021, 18:47 WIB
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj.
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj. /Dok. nu.or.id/

GALAMEDIA - Idul Adha 1442 Hijriah tinggal menghitung hari. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan imbaua terbarunya.

PBNU mengajak masyarakat khususnya warga Nahdliyin agar mengalihkan dana yang akan dibelikan hewan kurban untuk digunakan dalam membantu warga terdampak pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak buruk di masyarakat terutama timbulnya masalah sosial ekonomi," demikian bunyi surat edaran PBNU yang ditandatangani Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Rabu, 14 Juli 2021.

Baca Juga: Ferry Koto Sebut Mensos Risma Sangat Dekat dengan Papua: Arek Suroboyo itu Egaliter, Tak Ada Rasis-rasisnya!

"Oleh karena itu, PBNU mengimbau warga Nahdliyin yang memiliki kemampuan secara ekonomi agar mendonasikan dana yang akan belikan hewan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19," tuturnya.

Meski begitu, dalam SE PBNU Nomor 4162/C.I.34/07/2021 itu, PBNU tetap mempersilakan warganya yang memiliki dana lebih untuk berdonasi dan mampu membeli hewan kurban agar melakukan keduanya.

Dikutip dari Antara, PBNU juga mengatur tata laksana penyembelihan hewan kurban. Jika daerahnya masuk pada zona merah dan oranye penularan Covid-19, maka disarankan untuk menyembelih hewan kurban di rumah potong hewan (RPH).

Namun apabila tak ada RPH, maka bisa melakukannya di lapangan terbuka dengan sejumlah panduan penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Minim Peminat, Sejumlah SDN di Kota Cimahi Kekurangan Siswa

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x