Kontak Erat dengan Pasien Covid-19? Anda Tetap Harus Isoman Meski Hasil Antigen Negatif

- 17 Juli 2021, 16:32 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi beberapa lokasi yang menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) masyarakat yang terinfeksi virus COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Bandung, Rabu, 14 Juli 2021./Foto: Rizal/Biro Adpim Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi beberapa lokasi yang menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) masyarakat yang terinfeksi virus COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Bandung, Rabu, 14 Juli 2021./Foto: Rizal/Biro Adpim Jabar /

GALAMEDIA - Orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19 tetap harus menjalani isolasi mandiri (isoman) meskipun hasil tes usap antigen menunjukkan hasil dirinya negatif.

Hal itu disampaikan dokter spesialis paru, Nila Kartika Ratna. Ia mengungkap alasan mengapa orang tersebut harus tetap soman.

Dijelaskan Nila, isolasi mandiri tetap harus dijalani karena bisa saja hasil tes tersebut tidak akurat.

Pasalnya, masa inkubasi virus SARS-CoV-2 berada dalam durasi waktu 5 hingga 14 hari lamanya.

Baca Juga: Kacau! Penanganan Covid-19 Malah Disebut Darurat Militer, PKS: Pernyataan Pejabat Masih Membingungkan

Oleh karena itu, tes antigen akan lebih efektif penggunaan dan datanya jika tes dilakukan di hari kelima setelah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

"Jadi kalau misalnya hari ini Anda kontak dengan pasien positif Covid-19, lalu hari ini periksa antigen negatif, bukan berarti kita tidak tertular," kata Nila dalam webinar, dikutip dari Antara, Sabtu, 17 Juli 2021.

"Jangan senang dulu bisa jadi virusnya masih melakukan inkubasi," tambah dokter yang selama ini juga menangani kasus Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Kalimantan Utara.

Dalam webiner Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) itu, dokter Nila menjelaskan, mengingat masa durasi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 memiliki waktu inkubasi selama dua minggu.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x