Ketua Satgas Covid-19 IDI Ungkap Penyebab Pasien Isolasi Mandiri Banyak yang Meninggal

- 17 Juli 2021, 21:45 WIB
Zubairi Djoerban.
Zubairi Djoerban. / Twitter/@ProfesorZubairi

GALAMEDIA - Baru-baru ini Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban, mengungkapkan penyebab banyaknya pasien Isolasi Mandiri (Isoman) yang akhirnya meninggal.

Hal itu disampaikan Zubairi Djoerban melalui akun Twitter pribadinya, tatkala ia menjawab pertanyaan dari beberapa jurnalis.

Zubairi Djoerban mengatakan, penyebab dari banyaknya pasien Isoman yang meninggal itu dikarenakan memiliki keluhan berat.

Menurutnya, banyak pasien yang memiliki keluhan berat namun tidak bisa masuk rumah sakit, sehingga akhirnya meninggal dunia.

"Ada pertanyaan beberapa jurnalis: Kenapa pasien Covid-19 yang isoman itu banyak yang meninggal? Jawaban saya clear. Karena banyak pasien dengan keluhan berat tidak bisa masuk ke rumah sakit," ujarnya, dikutip Galamedia, Sabtu 17 Juli 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 18 Juli 2021: Sumarno Berhasil Selamat! Elsa Ketar-ketir Ketakutan

Selain itu, Zubairi Djoerban juga menyampaikan bahwa sebenarnya tidak semua orang pasien yang positif Covid-19 harus menjalani Isoman begitu saja.

"Artinya, tidak 100 persen pasien Covid-19 itu sebenarnya boleh isoman begitu saja," ungkapnya.

Zubairi Djoerban menjelaskan bahwa pasien positif Covid-19 yang berhak di Isoman itu adalah yang rontgen paru-parunya normal.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x