Amerika Serikat Bikin Gara-gara, China Marah Besar! Taiwan Beli 40 Sistem Artileri untuk Perkuatan Pertahanan

- 6 Agustus 2021, 15:32 WIB
Juru bicara Kementrian Luar Negeri China,Zhao Lijian.
Juru bicara Kementrian Luar Negeri China,Zhao Lijian. /

 

GALAMEDIA - Di tengah sengketa Taiwan, Amerika Serikat memancing emosi para pejabat Beijing. Pemerintahan Joe Biden menyetujui penjualan 40 sistem artileri Howitzer ke pihak Taiwan.

Seperti diketahui, Beijing selama ini mengklaim Taiwan adalah bagian dari wilayahnya dan bersumpah akan merebut bahkan dengan kekerasan jika perlu.

Kementerian Luar Negeri China mengecam penjualan senjata itu dan mengancam akan mengambil tindakan balasan.

China menganggap penjualan senjata itu mencampuri urusan dalam negeri China.

"Sangat menentang penjualan tersebut dan telah mengajukan pernyataan serius dengan Amerika Serikat," kata juru bicara Kemlu China Zhao Lijian dalam pernyataan di situs resmi kementerian, Kamis, 5 Agustus 2021 seperti dilaporkan Reuters, Jumat, 6 Agustus 2021.

Baca Juga: Bandingkan Manuver Prabowo dan Jokowi, Pengamat Politik: Jokowi Dipilih oleh Mayoritas Berpendidikan Rendah

Kantor Urusan Taiwan di China meminta AS untuk menghentikan semua penjualan senjata ke Taiwan agar tidak mengirim sinyal yang salah kepada pasukan pro-kemerdekaan.

Kementerian Luar Negeri AS sebelumnya menyetujui penjualan 40 sistem artileri howitzer dengan nilai US$750 juta atau sekitar Rp10,7 triliun.

Persetujuan itu akan menjadi penjualan senjata pertama pemerintahan Presiden Joe Biden ke Taiwan. Kini rencana penjualan itu menunggu persetujuan Kongres.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x