Puluhan Bangunan SD di Kota Cimahi Bakal Direhabilitasi Tahun Ini

- 8 Agustus 2021, 18:20 WIB
Ilustrasi Bangunan SD.
Ilustrasi Bangunan SD. //Facebook Teh Didah.

 

GALAMEDIA - Puluhan Sekolah Dasar (SD) di Kota Cimahi bakal direhabilitasi tahun ini. Anggaran untuk rehabilitas sekolah tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat sebesar 6,4 miliar, yang diterima Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi.

Berdasarkan data Disdik Kota Cimahi, ada 23 sekolah yang tahun ini akan mendapat giliran untuk direhabilitasi menggunakan DAK. Rinciannya, Rp 6,2 miliar untuk pembangunan fisik, dan Rp 200 juta untuk biaya pengawasan.

"Alhamdulillah kita dapat bantuan DAK tahun ini untuk merehabilitasi sekolah SD," kata Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono, Ahad, 8 Agustus 2021.

Baca Juga: PPKM Level 4 Berakhir Besok, Begini Bocorannya di DKI Jakarta

Proses rehabilitasi puluhan SD di Kota Cimahi itu kini sudah masuk tahapan lelang. Berdasarkan data yang dihimpun, ada 12 sekolah yang harus melalui tender, dan 11 sekolah menggunakan mekanisme penunjukan langsung.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana SD Disdik Kota Cimahi Gunardi menjelaskan, untuk 12 sekolah yang melalui proses tender cakupan perbaikannya lebih besar, sehingga membutuhkan anggaran lebih dari Rp 200 juta. Sesuai aturan, jika program pembangunan dari Rp 200 juta lebih harus melalui proses lelang.

"Yang 12 paketnya harus tender, kebetulan dapat dana rehabnya lebih besar 2 ruang kelas," jelasnya.

Sedangkan untuk 11 sekolah lainnya melaui mekanisme penunjukan langsung, sebab pagu anggarannya dibawah Rp 200 juta. "Yang 11 sekolah itu ada yang perbaikannya hanya 1 kelas, 1 ruang perpustakaan," ujar Gunardi.

Jika lelangnya berjalan lancar dan sesuai jadwal, maka akan selesai pada 20 Agustus mendatang. Setelah ditemukan pemenangnya, maka akan segera dilakukan rehabilitasi untuk puluhan sekolah tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x