Survei Parpol 2024: PDIP dan Gerindra Terancam dengan Demokrat yang Naik Signfikan, Golkar Merosot

- 8 Agustus 2021, 20:58 WIB
Bendera Partai Demokrat
Bendera Partai Demokrat /YouTube/Indigo Picture

GALAMEDIA – New Indonesia Research & Consulting baru saja merilis hasil survei terkait elektabiltas partai politik (parpol) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Survei ini dilakukan pada 21-30 Juli 2021, dengan sambungan telepon kepada 1.200 orang responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error kurang lebih 2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

Melalui survei tersebut menunjukkan Partai Demokrat (PD) berhasil menempati posisi ketiga dengan elektabilitas mencapai 10,1 persen. Padahal, tahun lalu elektabilitas PD masih berkisar di angka 3 persen.

PD akhir-akhir ini memang tengah gencar melakukan berbagai aksi demi menaikkan pamornya di mata publik.

Baca Juga: Jorge Martin Jadi Jawara MotoGP Styria 2021, Marc Marquez Merosot ke Posisi Delapan

Sementara posisi puncak masih ditempati oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan elektabilitas 19,8 persen. Namun, tren PDIP terus menurun selama setahun terakhir.

Pada survei-survei sebelumnya partai yang identik dengan Megawati Soekarnoputri ini masih mantap dengan elektabilitas sekitar 20 hingga 30 persen.

Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting, Andreas Nuryono mengatakan, dua partai utama pemerintah, yakni PDIP dan Gerindra tengah terancam dengan naiknya elektabilitas PD.

“Dua partai utama pemerintah (PDIP-Gerindra) terancam oleh naiknya elektabilitas Demokrat yang berpeluang menang pada Pemilu 2024,” katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x