Jurusan Kuliah 9 Menteri Paling Terkenal di Kabinet Indonesia Maju, Hebat dan Cerdas!

- 10 Agustus 2021, 13:46 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani /Twitter.com/@KemenkeuRI/

GALAMEDIA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggunakan nama Kabinet Indonesia Maju yang terdiri atas empat Menteri Koordinator dan 30 Menteri. Sehingga total Jokowi memiliki 34 menteri.

Namun, apakah kamu tahu, jurusan apa yang diambil oleh setiap menteri di Kabinet Indonesia Maju? Apakah jurusan yang mereka ambil sesuai dengan bidang kementeriannya?

Dilansir Galamedia dari kanal Youtube Republika Mahasiswa, berikut jurusan 9 menteri paling terkenal di Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Garuda Indonesia Terlilit Masalah Keuangan, Erick Thohir Diminta Mengambil Keputusan Terbaik

1. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani diangkat kembali menjadi Menteri Keuangan RI untuk kedua kalinya oleh Jokowi.  Dia merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Indonesia (1981 – 1986).

Kemudian ia melanjutkan S2 Master of Science of Policy Economics di University of Illinois Urbana-Champaign USA (1988 – 1990) dan S3 Ph.D of Economics di Universitas sama seperti S2-nya (1990 – 1992).

2. Nadiem Anwar Makarim

Selanjutnya ada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Dia melanjutkan S1 Hubungan Internasional Brown University AS. Kemudian S2 Master of Business Administration Harvard Business School.

Baca Juga: Memanas Lagi, Perwakilan 75 Pegawai KPK Gugat Hasil TWK ke Komisi Informasi Pusat

3. Prabowo Subianto

Selanjutnya ada lawan politik Jokowi di Pilpres 2014 hingga 2019, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Jenjang S1 Prabowo dihabiskan di American School London, UK (1969). Lalu, dia melanjutkan pendidikan di AKABRI, Magelang (1970 -1974).

4. Mahfud MD

Selanjutnya ada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Mahfud MD. Dia mengambil S1 nya di jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan S1 Sastra Arab di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lalu, S2 Ilmu Politik UGM dan S3 Ilmu Hukum Tata Negara UGM serta gelar profesor di Ilmu Hukum Tata Negara UII.

Baca Juga: Bulan Muharram, Sinergi Foundation Ajak Hijrah Finansial dengan Berwakaf Uang

5. Retno Lestari Priansari Marsudi  

Retno Marsudi merupakan Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia. Untuk jenjang pendidikan, Retno ber-SMA di SMAN 3 Semarang. S1 nya di UGM jurusan Hubungan Internasional (1985). Kemudian, S2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda.

6. Sandiaga Salahuddin Uno

Selanjutnya ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Untuk jenjang pendidikan, Sandiaga Uno mendapatkan Bachelor (S1) of Business Administration di Wichita State Univeristy AS (1990) dan Master of Business Administration di The George Washington University, AS (1992). Lalu, gelar Doctor of Research in Management Universitas Pelita Harapan (2020).

Baca Juga: Usulan Siti Fadilah Supari Didengar Jokowi? Presiden Siapkan Strategi Baru Untuk Beradaptasi dengan Covid-19

7. Erick Thohir

Selanjutnya ada Menteri BUMN, Erick Thohir. Dia menempuh pendidikan S1 nya di Glendale Community College, California AS mengambil Bachelor of Arts. S2 Master of Business Administration di National University, California AS.

8. Luhut Binsar Panjaitan

Berikutnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Untuk jenjang pendidikan, LBP sempat bersekolah di SMA Penabur Bandung serta AKABRI pada 1970. Lanjut di Master Public Administration di The George Washington Univesity, AS dan terakhir di National Defense University AS.

Baca Juga: Sempat Bikin Heboh, dr Lois Tiba-tiba Bawa Kabar Mengejutkan, Jadi Sekjen Partai Pandai Farhat Abbas!

9. Yasonna Laoly

Berikutnya, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Dia sempat bersekolah di SMA Katolik Sibolga (1971), lalu Fakultas Hukum Univesitas Sumatera Utara (1978). Kemudian S2 Master of Science di Virginia Commonwealth University, AS (1986) serta gelar doktor di North Carolina State University, AS (1994).***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x