WHO Percepat Temukan Asal Covid-19, Tedros Adhanom Ghebreyesus Serukan Pemerintah Tak Politisasi Pandemi

- 13 Agustus 2021, 11:15 WIB
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. /WHO

 

GALAMEDIA - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan WHO bakal mempercepat rangkaian penelitian selanjutnya untuk menemukan asal usul virus Covid-19.

"Sangat penting untuk mengetahui bagaimana pandemi dimulai sehingga kita dapat lebih siap untuk yang berikutnya," ujar Tedros melalui akun Twitter @DrTedros, Jumat, 13 Agustus 2021.

Dikatakan, WHO berkomitmen untuk mengikuti ilmu pengetahuan, dan menyerukan kepada semua pemerintah untuk mengesampingkan perbedaan dan bekerja sama untuk menyediakan semua data dan akses yang diperlukan sehingga rangkaian studi berikutnya dapat dimulai sesegera mungkin.

Ia pun mengatakan, WHO menyerukan seluruh pemerintah untuk tidak mempolitisasi situasi dan bekerja sama untuk mempercepat studi asal-usul Covid-19.

"Dan yang terpenting untuk bekerja sama mengembangkan kerangka kerja bersama untuk patogen yang muncul di masa depan dari potensi pandemi," ujarnya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 13 Agustus 2021: Demi Elsa, Mama Sarah Sujud dan Memohon-mohon ke Nino

Dalam keterangannya, Sejak awal pandemi COVID-19, WHO telah bekerja dengan Negara-negara Anggota dan komunitas ilmiah untuk lebih memahami bagaimana pandemi ini dimulai sehingga WHO dapat lebih siap menghadapi pandemi berikutnya.

Menyusul publikasi laporan bersama WHO-China studi fase satu tentang asal usul virus SARS-CoV-2 pada Maret 2021, WHO telah menjabarkan rangkaian studi selanjutnya yang perlu dilakukan dan terus didiskusikan dengan Negara Anggota dan para ahli tentang langkah selanjutnya.

Untuk bergerak maju, WHO menyerukan semua pemerintah untuk mempolitissi situasi dan bekerja sama untuk mempercepat studi asal-usul, dan yang penting bekerja sama untuk mengembangkan kerangka kerja bersama untuk patogen potensial pandemi yang muncul di masa depan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x