Shalat Jumat Perdana di Masjid Agung Kota Cimahi Dipadati Jemaah

- 13 Agustus 2021, 18:00 WIB
Shalat Jumat perdana setelah di tutup selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan PPKM Level 4, Masjid Agung Kota Cimahi dipenuhi jemaah, Jumat (13/8).
Shalat Jumat perdana setelah di tutup selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan PPKM Level 4, Masjid Agung Kota Cimahi dipenuhi jemaah, Jumat (13/8). /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Shalat Jumat perdana setelah di tutup selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan PPKM Level 4, Masjid Agung Kota Cimahi dipenuhi jemaah, Jumat, 12 Agustus 2021.

Pelaksanaan shalat jumat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, dan jaga jarak fisik antarshaf, serta membatasi jumlah jemaah 25 persen dari kapasitas masjid.

Berdasarkan pantauan, jemaah yang hendak masuk ke masjid yang berlokasi di Jalan Amir Mahmud ini langsung diperiksa suhu tubuhnya dengan menggunakan thermogun oleh takmir masjid. Setelah dipastikan suhu tubuh normal, jemaah pun diarahkan menuju tempat yang masih kosong. Selain di lantai satu, lokasi shalat juga menggunakan lantai dua, dan area payung.

Ketua DKM Masjid Agung Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut lagi jemaah yang akan melaksanakan Shalat Jumat.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Konstituen PDIP Lebih Favoritkan Ganjar Ketimbang Puan Maharani  

"Iya hari ini bisa digunakan kembali Shalat Jumat berjamaah. Tapi tetap dengan pembatasan sesuai aturan soal kapasitas maksimum tempat beribadah di daerah PPKM Level 4," katanya.

Seperti diketahui, Pemerintah memperpanjang PPKM Level 4, 3 dan 2 hingga Senin (16/8) mendatang. Kendati demikian, pemerintah juga berupaya untuk melonggarkan beberapa sektor termasuk tempat ibadah.

Pada Shalat Jumat kali ini, DKM Masjid Agung Cimahi membatasi jumlah jemaah yang hadir hanya sebanyak 400 orang atau seperempat dari kapasitas maksimal masjid yang mencapai 1.600 orang.

"Dari kapasitas total masjid 1.600, hari ini sekitar 400-an karena kan seperempatnya. Sekarang belum diumumkan secara luas, jadi untuk warga sekitar dulu karena takutnya euforia jadi malah membludak," jelas Dadan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x