NIK Dipakai Orang Lain untuk Vaksin, Netty: di Mana Jaminan Keamanan Data Rakyat? Usut Tuntas Kasus Ini!

- 19 Agustus 2021, 11:55 WIB
Anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetyani Aher
Anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetyani Aher /Ninding Permana/ragamindonesia.om

 

GALAMEDIA - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah agar mengusut kasus masyarakat yang gagal vaksin lantaran NIK-nya dipakai orang lain.

"Pemerintah harus menelusuri problem apa yang terjadi dalam kasus NIK ini. Dengan sistem E-KTP, proses penginputan data seharusnya bisa lebih mudah, tapi kenapa justru terjadi kesalahan seperti ini," kata Netty dalam rilisnya, Kamis 19 Agustus 2021.

Adanya warga yang NIK-nya sudah terdaftar atas nama orang lain disaksikan Netty saat pihaknya menggelar vaksinasi gratis di Bandung dan Karawang pada akhir Juli dan pertengahan Agustus ini.

Baca Juga: Megawati Tangisi Jokowi yang Diejek Tak Beretika, Ferdinand Hutahaean: Ini Seruan Ambil Sikap Melawan!

Menurut keterangan Netty, panitia vaksinasi di Bandung menemukan peserta bernama Ragil Paska Aprilianto yang NIK-nya tidak bisa diinput petugas lantaran sudah terdaftar, padahal dia belum pernah vaksin.

"Kondisi NIK ganda, tertukar atau salah input, tentu akan merugikan rakyat yang jadi terkendala dalam memperoleh layanan. Ini tidak boleh diabaikan karena jumlah kasusnya dianggap sedikit. Ini menyangkut jaminan keamanan data rakyat," katanya

Menurut Netty adanya kasus NIK dipakai orang lain untuk vaksin semakin menambah deretan masalah dalam realisasi percepatan vaksinasi.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Kenali 5 Gangguan Ini yang Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Anak pada Masa Remaja

"Masalah stok dan pemerataan distrinusi vaksin saja masih belum selesai, masih banyak daerah yang kekurangan. Sekarang ditambah lagi dengan data NIK yang bermasalah. Hal ini akan mempengaruhi lambatnya realisasi vaksinasi dan upaya mencapai herd immunity," katanya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x