Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu: Pemerintah Tak Sembarangan Memberikan Vaksin ke Masyarakat

- 2 September 2021, 18:35 WIB
Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin. /Sputnikvaccine.com


GALAMEDIA - Ketua Umum Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) James Allan Rarung mengatakan pemerintah sudah memastikan semua vaksin COVID-19 yang digunakan untuk masyarakat Indonesia sudah lolos uji keamanan dan efektivitas sehingga semua vaksin bermanfaat untuk membangun kekebalan tubuh.

"Semua vaksin yang disiapkan pemerintah, pasti telah melewati tahapan keamanan dan efektivitas yang cukup untuk mendapatkan kekebalan spesifik terhadap virus COVID-19 ini," kata James, Kamis, 2 September 2021.

James menuturkan apapun merek vaksin yang disediakan oleh pemerintah secara rata-rata adalah sama yakni memiliki efikasi dan aman untuk digunakan.

Baca Juga: BRI Serahkan Bantuan 6 Unit Ambulans Mini ICU Kepada TNI AD

Vaksin yang digunakan juga sudah memiliki efikasi di atas 50 persen sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Pemerintah Indonesia juga tidak sembarangan memberikan vaksin kepada masyarakatnya. Jadi, vaksin yang diberikan memang sudah teruji secara ilmiah dan memenuhi standar regulasi dari otoritas.

Oleh karena itu, masyarakat luas harus memiliki kepercayaan tentang kemampuan, keamanan dan efektivitas vaksin yang dijamin pemerintah.

Baca Juga: Habib Rizieq Terzalimi, Gus Umar Ingatkan Prabowo, Ustadz Adi Hidayat: Saya Mohon Dilipatgandakan Siksa Bapak

Ia menuturkan masyarakat harus berhati-hati dengan informasi salah atau tidak dapat dipertanggungjawabkan tentang vaksin yang dilontarkan individu atau orang tertentu.

"Bagi masyarakat, percayalah apa yang disediakan oleh pemerintah, selama vaksin tersebut dalam kondisi yang baik dan diberikan dengan tata cara yang benar," ujar James.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x